Ini Wilayah-wilayah yang Menjadi Sasaran Penerapan BBM Satu Harga

Kompas.com - 08/11/2016, 18:40 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah menerapkan gagasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penerapan bahan bakar minyak (BBM) satu harga di wilayah Timur Indonesia, PT Pertamina (Persero) berencana menyasar wilayah-wilayah terpencil lainnya untuk dilakukan penerapan BBM satu harga.

Wakil Direktur Utama Pertamina, Ahmad Bambang mengatakan, selain di wilayah timur Indonesia, saat ini masih banyak daerah-daerah yang belum menikmati BBM murah.

Bahkan, Ahmad menyebutkan, beberapa wilayah di Pulau Jawa pun masih ada yang belum menikmati BBM satu harga.

"Masih banyak yang belum merasakan BBM satu harga. Bahkan untuk Jawa saja, baru mulai minggu lalu  BBM satu harga di Karimun Jawa," kata Ahmad di Jakarta, Selasa (8/11/2016).

Dalam waktu dekat, perseroan juga akan merealisasikan BBM satu harga di Pulau Enggano yang berada di Selatan Bengkulu.

"Targetnya, 2017 seluruh Indonesia telah menikmati BBM satu harga. Di Maluku, Halmahera, itu masih banyak. Itu PR memang," terangnya.

Guna merealisasikan hal itu, perseroan pun akan mencari cara yang paling efisien. Sebab, penugasan ini sepenuhnya akan menggunakan anggaran perseroan karena pemerintah tidak memberikan subsidi sama sekali untuk BBM satu harga ini.

"Kami akan mencari cara yang paling efisien. Pertama kita akan pilih jalur laut, kemudian darat, dan pesawat menjadi pilihan terakhir," ucap Ahmad.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.