Kompas.com - 13/12/2016, 16:08 WIB
Direktur Utama PT BTN (Persero) Tbk, Maryono, dalam Forum Ekonomi Nusantara, kerja sama Harian Kompas dan BTN, Jakarta, Rabu (26/10/2016). Estu Suryowati/KOMPAS.comDirektur Utama PT BTN (Persero) Tbk, Maryono, dalam Forum Ekonomi Nusantara, kerja sama Harian Kompas dan BTN, Jakarta, Rabu (26/10/2016).
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyatakan komitmennya dalam menyalurkan kredit perumahan, khususnya untuk segmen menengah ke bawah.

Salah satu wujud komitmen tersebut dituangkan dalam bentuk rencana menghadirkan produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Mikro.

Direktur Utama BTN Maryono menyebut, BTN saat ini masih menggodok skema produk KPR tersebut. Ia berharap produk KPR Mikro tersebut bisa diluncurkan pada tahun 2017 mendatang.

"Nanti akan kerja sama dengan Perumnas. Nanti akan kami ciptakan KPR Mikro namanya," kata Maryono di kantornya di Jakarta, Selasa (13/12/2016).

Maryono menjelaskan, produk KPR Mikro tersebut menyasar kepada para pekerja informal. Menurut dia, lapisan masyarakat yang bekerja di sektor informal jumlahnya sangat banyak, sehingga hal ini menjadi alasan BTN menghadirkan KPR tersebut agar mereka dapat memiliki rumah yang layak huni.

Menurut Maryono, rincian skema kredit rumah tersebut masih dalam tahap pembicaraan dan perundingan.

Namun demikian, imbuh dia, BTN akan membuat skema KPR Mikro yang benar-benar aman sehingga tidak memicu risiko signifikan.

Ia pun menjelaskan, pada dasarnya KPR Mikro tidak jauh berbeda dengan kredit mikro. BTN berkaca kepada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk yang sukses menyalurkan kredit mikro bagi masyarakat yang bekerja di sektor informal maupun masyarakat yang tinggal di berbagai pelosok Tanah Air.

"Yang jelas ini sama dengan BRI yang memberikan kredit mikro. Sebetulnya tidak beda jauh," ungkap Maryono.

Ia mengungkapkan, untuk tahap awal, KPR Mikro akan disalurkan dengan pilot project di wilayah Pulau Jawa. Kemudian, BTN akan menyalurkan kredit tersebut ke pulau-pulau yang memiliki potensi ekonomi tinggi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X