"Startup" Bizzy Perluas Layanan ke Portal Manajemen "Corporate Travel"

Kompas.com - 22/12/2016, 20:35 WIB
Ilustrasi: Aplikasi Android Ilustrasi: Aplikasi Android
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Bizzy.co.id, perusahaan yang bergerak di bidang solusi business to business (B2B), memperluas portofolio layanannya dengan meluncurkan Bizzy Travel. Layanan barunya ini diklaim sebagai portal manajemen korporasi untuk perusahaan jasa perjalanan (travel) pertama di Indonesia.

Norman Sasono, Chief Innovation Officer & Co-Founder Bizzy.co.id, mengatakan bahwa Bizzy Travel hadir untuk melengkapi layanan perusahaan sebelumnya. Yakni, Bizzy Select sebagai solusi e-Katalog dan e-Procurement bagi perusahaan, Bizzy Benefits sebagai portal Employee Purchase Program, serta Bizzy.co.id sebagai pusat grosir online untuk perusahaan dengan harga grosir bertingkat.

Dia menjelaskan bahwa Bizzy Travel adalah portal manajemen corporate travel pertama di Indonesia yang melayani pemesanan kamar hotel domestik baik untuk keperluan perusahaan maupun kebutuhan employee purchase program bagi karyawan pribadi maupun keluarganya.

“Bizzy Travel merupakan fitur baru yang tersedia gratis bagi pelanggan program pembelian Bizzy Select untuk semakin melengkapi layanan dari Bizzy.co.id dalam menyediakan berbagai macam produk dan layanan bisnis bagi segmen UKM dan korporasi,” jelasnya melalui rilis ke Kompas.com.

Menurut Norman, Bizzy Travel hadir dengan diferensiasi dan keunggulan yang sangat cocok untuk korporasi, jika dibandingkan dengan layanan portal atau aplikasi pemesanan perjalanan konsumer (pribadi) yang sudah ada maupun dengan agen perjalanan konvensional yang selama ini biasa digunakan korporasi swasta maupun lembaga pemerintah.

Alasan utama Bizzy meluncurkan Bizzy Travel adalah karena pelanggan korporasi mendambakan platform pembelian terintegrasi untuk keseluruhan proses bisnis mereka.

Sementara, saat ini yang umumnya tersedia adalah platform atau sistem pembelian yang terkotak-kotak. Misalnya, ada sistem tersendiri untuk pembelian barang dan jasa melalui divisi Procurement serta sistem yang lain untuk Corporate Travel melalui pemesanan via telepon ke agen perjalanan.

Bizzy melihat adanya peluang memberikan nilai lebih kepada pelanggan korporasi untuk menyatukan sistem pengadaan ini dalam satu platform sehingga manajemen, kontrol, dan reporting bisa lebih terukur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan Bizzy Travel, pengadaan Corporate Travel untuk perjalanan bisnis bisa memanfaatkan fitur anggaran (budgeting), alur persetujuan (approval flow), standarisasi kelas hotel, tempo pembayaran, hingga laporan terintegrasi untuk seluruh pegawai perusahaan.

Penghematan Biaya

Bizzy Travel yang bisa diakses melalui www.bizzy.co.id/travel memberikan banyak manfaat unik yang sangat tepat bagi perusahaan yaitu penghematan, manajemen kontrol, dan peningkatan produktivitas.

Penghematan biaya perjalanan bisnis didapatkan karena Bizzy Travel memberikan harga korporasi (Corporate Rate) dengan diskon hingga 10 persen dibandingkan dengan portal atau agen perjalanan konsumer pada umumnya.

Penghematan ini menjadi lebih menarik dengan fitur kemudahan jangka waktu pembayaran (Term of Payment) yang memberikan fleksibilitas bagi perusahaan untuk pengaturan pembayaran biaya perjalanan untuk alur kas (cash flow) yang lebih baik.

Salah satu fitur Bizzy Travel yakni fitur sistem alur persetujuan (Approval Flow), di mana pelanggan Bizzy Travel bisa memastikan pemesanan perjalanan yang dilakukan telah melalui proses persetujuan dari atasan dan sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Juga ada fitur Real-time Reporting, yang memberikan laporan secara real-time dan fitur pengelompokan perjalanan (Trip Labeling) berdasarkan kategori, misal Rapat Bulanan, Kunjungan Cabang, dan lain-lain. Sehingga audit, kontrol, dan manajemen perjalanan bisnis bisa dilakukan untuk keseluruhan karyawan dalam satu perusahaan.

Bagi perusahaan yang memiliki banyak kantor cabang, Bizzy Travel akan membantu memudahkan pencarian lokasi (Location Filter) hotel yang terdekat dengan area kantor yang terdaftar atau kantor cabang yang akan dikunjungi.

Tambahan fasilitas Self-Service yang ada di Bizzy Travel, juga akan memudahkan untuk membatalkan atau menjadwal ulang pemesanan tanpa perlu lagi telpon berulang kali ke agen perjalanan konvensional seperti sebelumnya sehinga produktivitas dan efisiensi lebih tinggi.

Bizzy Travel bisa digunakan oleh seluruh pelanggan Bizzy Select secara otomatis tanpa biaya tambahan. Sejak diluncurkan di akhir Oktober 2016, dalam 45 hari terkahir, Bizzy Select mendapatkan respon positif dengan hadirnya 39 pelanggan baru korporasi yang memberikan kontrak pembelian dan Bizzy melihat tren ke depan dengan prospek lebih agresif.

Bizzy melihat dari tren kontrak baru yang didapatkan melalui Bizzy Select, menargetkan bisa mendapatkan penambahan 300 pelanggan korporasi baru di 2017.

Kompas TV Bisnis Aplikasi Mulai Tumbuh di Indonesia (Bag 2)

 

 

 



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X