Tol Batang-Semarang Siap Digunakan Saat Lebaran 2017

Kompas.com - 09/01/2017, 15:45 WIB
EditorAprillia Ika

BATANG, KOMPAS.com - Pemerintah menargetkan agar tol Batang-Semarang dapat beroperasi pada Hari Raya Lebaran 2017. Pemerintah menggunakan dana talangan untuk mempercepat pembayaran pembebasan lahan.

Hal tersebut dinyatakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau pembangunan jalan tol Batang-Semarang di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Senin (9/1/2017).

Pembangunan tol tersebut guna meningkatkan kelancaran arus barang dan mobilitas masyarakat.

"Kita harapkan ini bisa dipakai saat Lebaran untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di Pantura," kata Jokowi.

Menurut Presiden, pembangunan tol Batang-Semarang tersendat sejak rencana awal pada 2006 karena sejumlah masalah salah satunya pembebasan lahan.

Jokowi menjelaskan, menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Pupera) Basuki Hadi Muljono seluruh pembebasan lahan seksi I di daerah Batang sudah selesai dan bisa mulai konstruksi.

Sementara itu, Jokowi menambahkan untuk lahan yang akan terpakai menjadi jalan tol di daerah Kendal dan Semarang ditargetkan pembebasannya selesai pada Februari 2017.

Presiden berharap jika pembebasan lahan semua rampung dilakukan, maka pembangunan jalan tol akan cepat menggunakan tiga shift pengerjaan.

Jokowi mengatakan pemerintah menggunakan dana talangan untuk mempercepat pembayaran pembebasan lahan.

"Sampai Semarang bisa dipakai. Belum sempurna selesai, tapi bisa dipakai," tegas Presiden.

Menurut data dari Kementerian Pupera, pembangunan tol Batang-Semarang sepanjang 74,20 Kilometer itu dibagi menjadi lima seksi pengerjaan yaitu seksi 1 menghubungkan Batang hingga Kandeman, seksi 2 menyambungkan Kandeman hingga Weleri.

Kemudian untuk pembangunan jalan di seksi 3 akan menghubungkan Weleri-Kendal, dan seksi 4 Kendal hingga Kaliwungu lalu seksi 5 yaitu Kaliwungu hingga Semarang.

Kontrak pengerjaan tol tersebut dimulai pada 25 Juli 2016 dengan nilai kontrak Rp 6,42 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ANTARA
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.