Bekerja di Rumah Vs Bekerja di Kantor

Kompas.com - 12/01/2017, 06:07 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorErlangga Djumena

KOMPAS.com -  Di mana pun saya berada dan kemana pun saya pergi, selama smartphone saya ada dalam genggaman, laptop duduk cantik dalam tas, dan koneksi internet aman dalam jangkauan, saya ‘ada di kantor’.

Karyawan saya bisa dengan mudah mengirim dokumen ke email saya, yang saya tanda tangani di layar smartphone saya, dan langsung saya email balik untuk diproses.

Editor buku saya bisa dengan mudah memberi koreksi draft buku terbaru saya, dan saya tinggal buka laptop untuk mengubah dan melanjutkan buku terbaru saya.

Klien saya bisa bikin appointment lewat Whatsapp, yang langsung saya follow up dengan melakukan share location untuk mengonfirmasi lokasi meeting, bahkan di saat yang sama.

Dan semua dokumen yang saya butuhkan, yang tadinya numpuk di laci kantor, sekarang bisa saya akses dari berbagai tempat absurd, sampai toilet mall di Jepang sekalipun, lewat Google Drive.

Kalau beberapa tahun lalu orang sudah bilang bahwa dunia menjadi semakin kecil karena adanya teknologi, sekarang dunia sudah jauuuuh lebih kecil lagi dengan terus berkembangnya teknologi dan sarana cloud computing, yang membuat semuanya, benar- benar ada dalam genggaman.

Kata “lokasi” berubah makna, bukan lagi menggambarkan lokasi fisik saja, tapi juga ‘lokasi digital’.

Kalau dulu, “File klien ini dimana sih?” dijawab dengan “Di laci paling atas di ruangan pak Joko”. Sekarang jawabannya adalah, “Di Google Drive, folder Project, di sub folder Klien Anu.

Situasi ini memunculkan pertanyaan kuat.

“Kalau begitu, ngapain saya musti kerja di kantor, kalau saya bisa kerja dari rumah?”

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X