Begini Cara Memanfaatkan DP Rumah yang Sedang Turun

Kompas.com - 15/01/2017, 13:00 WIB
Ilustrasi KPR www.shutterstock.comIlustrasi KPR
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan sebuah rumah bagi para pasangan muda yang baru menikah, adalah salah satu hal yang penting yang akan menunjang masa depan mereka.

Memiliki rumah sendiri, dalam artian tidak mengikuti orang tua lagi, tentunya akan lebih baik untuk pendewasaan dalam rumah tangga para pasangan muda ini.

Berbicara soal kepemilikan rumah, terutama di beberapa kota besar, akan cukup mudah untuk menemukan hunian yang memang cocok untuk para pasangan muda ini.

Beberapa konsep perumahan khusus, hingga apartemen banyak ditawarkan dengan keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Namun, terkadang harga yang ditawarkan cukup menjadi kendala bagi para pasangan muda ini, mengingat keadaan finansial mereka juga belum terlalu maksimal.

Kabar baiknya, jika mereka hendak membeli rumah dengan KPR, pihak BI telah memberikan keringanan berupa DP yang lebih murah. Seperti untuk luas lebih dari 70 Meter persegi cukup membayar DP 15 persen.

DP rumah yang menurun ini bisa menjadi celah untuk perencanaan keuangan Anda yang lebih maksimal. Bagaimana cara mempersiapkanya, berikut ulasanya:

1. Menabung

Menabung sebaiknya dilakukan oleh pasangan muda yang ingin memiliki sebuah rumah. Rumah yang mungkin mereka sukai, harus memiliki perencanaan keuangan khusus, agar cepat atau lambat rumah tersebut bisa segera dimiliki.

Anda coba untuk melakukan perhitungan dari penghasilan yang diterima tiap bulannya. Dari sana, Anda bisa mempersiapkan sisa uang tabungan, untuk menabung DP rumah tersebut. siapkan setidaknya 15-20 persen untuk persiapan uang DP.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X