Pengoperasian KA Bandara Soekarno-Hatta Ditargetkan Awal Juli 2017

Kompas.com - 17/01/2017, 22:19 WIB
Achmad Fauzi konferensi pers PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) dalam kereta inspeksi ?menuju Cikampek, Jakarta, Selasa (17/1/2016). 

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia KAI memastikan kereta api Bandara Soekarno-Hatta dapat beroperasi pada awal Juli 2017.

Hingga kini, proyek kereta api bandara ini masih terkendala pembebasan lahan. Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan, saat ini perseroan telah menyelesaikan pembebasan lahan sebanyak 32 bidang.

Proses pembebasan lahan, kata Edi, dilakukan melalui proses konsinyasi. "Kita sudah serahkan uangnya ke Pengadilan. Pembebasan lahan itu selalu jadi Kendala," ujar Edi saat konferensi pers dalam kereta inspeksi menuju Cikampek, Jakarta, Selasa (17/1/2016).

Edi mengungkapkan, nantinya terdapat dua pemberangkatan kereta api Bandara Soekarno-Hatta. Satu pemberangkatan mulai dari Stasiun Jakarta Kota, kemudian satu lagi berangkat dari Stasiun Manggarai.

Menurut Edi, pengoperasian awal akan diberangkatkan dari Stasiun Jakarta Kota. Hal ini dikarenakan, Stasiun Manggarai masih terdapat proyek lain seperti jalur dwiganda.

Terkait dengan tarif, KAI masih akan terus membahas. Akan tetapi, terang dia, tarif kereta api Bandara Soekarno-Hatta tidak jauh beda dengan tarif Railink Bandara Kualanamu sebesar Rp 100.000.

"Masalah tarif kami akan godok terus. Nantinya ada 10 rangkaian gerbong dengan jumlah kapasitas angkut 274 orang," tandasnya.

Saat ini Indonesia telah memiliki kereta bandara yakni Railink Bandara Kualanamu Medan. Kereta Bandara tersebut telah beroperasi sejak tahun 2013.



EditorM Fajar Marta

Close Ads X