Menhub Luncurkan Aplikasi "Monitoring" Strategis Berbasis Web

Kompas.com - 23/02/2017, 11:00 WIB
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Rabu (22/2/2017) siang, meluncurkan Aplikasi Monitoring Strategis sebagai media pemantauan perkembangan kegiatan strategis Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berbasis web.

Menhub, saat memberikan pembekalan kepada para kuasa pengguna anggaran (KPA) di Lingkungan Kemenhub seluruh Indonesia di Jakarta, berharap, aplikasi berbasis web ini dapat membuat pemantauan pengelolaan anggaran dan proyek transportasi dilakukan secara langsung dan real time.

”Dengan adanya aplikasi ini menjadi real time, bisa komunikasi langsung. Kita akan menggunakan aplikasi ini sebagai suatu basis daripada pengelolaan anggaran dan proyek yang ada di sini (Kemenhub),” kata Menhub melalui rilis yang diterima Kompas.com.

Untuk itu, Menhub meminta kepada pada semua KPA untuk melaporkan progres pembangunan kegiatan strategis secara reguler, baik dari sisi anggaran maupun perkembangan fisik.

Diharapkan, keberadaan aplikasi ini akan menghasilkan informasi yang aktual dan dapat digunakan untuk evaluasi kegiatan.

Menhub Budi mengaku selama enam bulan menjabat, dirinya belum dapat mengunjungi semua unit pelaksana teknis (UPT) Kemenhub yang tersebar di seluruh Indonesia.

”Esensinya kan kita dipisahkan oleh jarak. Saya sudah jadi menteri lebih dari 6 bulan, tetapi belum bisa mengunjungi teman-teman semua. Cara yang paling efektif adalah dengan sistem,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Menhub Budi memaparkan, pagu Anggaran Kemenhub 2017 sebesar Rp 45,98 triliun, sementara realisasi daya serap keuangan per 20 Februari 2017 baru sebesar Rp 1,41 triliun atau 3,07 persen.

Menhub berharap, pada akhir tahun 2017, daya serap Kemenhub mencapai 92 persen.

"Saya harap realisasi daya serap Kementerian Perhubungan pada akhir tahun 2017 dapat mencapai 92 persen. Kenapa? Kita ingin uang yang kita kelola, uang yang diamanahkan oleh pemerintah, memang dapat dibangun dan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat," ujar Menhub.

Lebih lanjut, Menhub mengimbau semua unit kerja Kemenhub untuk berkomitmen dan bertekad melakukan pembenahan dan penyempurnaan dalam pengelolaan keuangan, dengan senantiasa melakukan evaluasi kinerja.

“Konsep penganggaran kita adalah money follow program. Proyek dipastikan memiliki fungsi bagi masyarakat," pungkas Menhub.

Kompas TV Menhub Akan Merombak Tata Kelola Pelabuhan
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.