Bahas Ekonomi Kreatif, Indonesia Gelar Pertemuan dengan Perancis

Kompas.com - 29/03/2017, 18:38 WIB
Pertemuan Bilateral Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dengan Presiden Perancis Francois Hollande di Hotel Harris, Jakarta, Rabu (29/3/2017). KOMPAS.com/PRAMDIA ARHANDO JULIANTOPertemuan Bilateral Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dengan Presiden Perancis Francois Hollande di Hotel Harris, Jakarta, Rabu (29/3/2017).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Institut Perancis di Indonesia (IFI) dan Kedutaan Besar Perancis di Jakarta, bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) menggelar pertemuan bilateral yang membahas ekonomi kreatif, digital, dan industri budaya di Hotel Harris Vertu, Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Hadir dalam kesempatan tersebut Presiden Republik Perancis Francois Hollande, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, dan Kepala Bekraf Triawan Munaf.

Triawan menjelaskan, kerja sama dalam bidang ekonomi kreatif dengan Perancis telah berjalan beberapa waktu lalu. Namun, kini dengan hadirnya Presiden Perancis Francois Hollande di Indonesia diharapkan akan semakin memperkuat kerja sama dalam bidang ekonomi kreatif kedua negara.

"Dengan Perancis kerja sama bidang ekonomi kreatif sudah berjalan, dan dengan hadirnya bapak Presiden Prancis kita ingin kembali menguatkan," ujar Triawan saat pertemuan bilateral dengan Presiden Perancis.

Triawan mengatakan, salah satu yang akan dikembangkan adalah industri film kedua negara. Menurutnya, saat ini Perancis telah menjadi pusat film dunia, dan Indonesia memiliki peluang dalam mengembangkan industri film kedepan dengan segala kelebihan sumber daya baik alam dan manusianya.

"Kalau bicara Perancis sudah menjadi pusat film dunia. Kami akan terus bekerja sama agar meningkatkan kapasitas cineas di indonesia," papar Triawan.

Selain itu, lanjut Triawan, pihaknya juga akan mengajak investor industri film asal Perancis untuk berinvestasi di Indonesia.

"Kami juga ingin mengundang investor film dari Perancis dan juga menjadikan indonesia sebagai lokasi shooting film. Kalau di Perancis shooting film sudah ada potongan pajak, dan Indonesia akan juga seperti itu karena alam Indonesia sangat baik," papar Triawan.

Dengan adanya pertemuan Bekraf yang mewakili pemerintah Indonesia dan pemerintah Perancis diharapkan kerja sama ekonomi kreatif kedua negara akan semakin meningkat.

Sebagai informasi, Perancis adalah mitra strategis Indonesia sejak dideklarasikannya Declaration on Strategic Partnership pada tahun 2011, dengan fokus kerja sama meliputi lima bidang yaitu politik, pertahanan dan keamanan, ekonomi dan pembangunan, lingkungan hidup, sosial budaya dan people-to-people contact.

Nilai perdagangan bilateral Indonesia dan Perancis sebesar 2,34 miliar dollar AS pada tahun 2016, atau meningkat dari tahun 2015 sebesar 2,3 miliar dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.