Menteri Amran Jamin Harga Sembako Saat Ramadhan Stabil

Kompas.com - 11/04/2017, 19:35 WIB
|
EditorM Fajar Marta

UNGARAN, KOMPAS.com - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menjamin harga-harga bahan pokok menjelang dan selama Ramadahan akan stabil. Ia menyebutkan cadangan beras nasional saat ini sekitar 2 juta ton.

"Sangat Aman," kata Amran di Ungaran, Kabupaten Semarang, Selasa (11/4/2017) siang. Stabilitas harga kebutuhan pokok ini, kata Amran tidak terlepas dari peran Satuan Tugas Pangan yang ada di Kementerian Pertanian yang bekerja sama dengan pihak Kepolisian dan Kejaksaan.

Amran meminta agar praktik "mafioso" pangan dihentikan jika tidak ingin berhadapan dengan hukum.

Ia mengingatkan bagaimana kepolisian baru-baru ini menggulung praktik mafia cabai, sehingga harga cabai kembali normal. Jika masih ada pihak bermain-main, pihaknya meminta kepada penegak hukum untuk menghukum pelaku seberat-beratnya.

Amran menjelaskan, selain memberantas praktek mafia cabai, Kementan juga telah menemukan formulasi untuk menekan harga cabai hingga ke tingkat harga keekonomian.

Sebelumnya harga cabai mencapai Rp 120 ribu perkilogram, sekarang sekitar Rp 30 ribu perkilogram.

Salah satu formula tersebut adalah dengan melibatkan Gerakan PKK dan Dharmawanita untuk melakukan Gerakan Nasional Penanaman Cabai (Gertam Cabai).

"Cabai sudah bagus, itu namanya merevolusi sistem pertanian kita. Kami sudah minta bulog menyerap cabe dan bawang putih dari petani," ujarnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.