Ini Jurus Bank Mandiri Antisipasi "Ransomware" WannaCry

Kompas.com - 15/05/2017, 08:11 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri Tbk mengaku sudah mempunyai tiga strategi untuk mengantisipasi virus Ransomware WannaCry. Antisiasi ini untuk mencegah virus mengganggu sistem perbankan.

Rico UsthavI Frans, Direktur Digital Banking dan Teknologi Bank Mandiri mengatakan strategi pertama adalah membentuk pusat komando (command center).

"Pusat komando ini terdiri dari tim keamanan IT yang terus melakukan monitor," ujar Rico kepada Kontan, Senin (15/5/2017).

Dengan alat pengawasan di pusat komando ini mempermudah tim memantau malware dan virus penyerang (attacker).

Strategi kedua adalah dengan mengirimkan pesan antisipasi ke pegawai Mandiri agar bisa lebih berhati-hati. Adapun strategi ketiga adalah membuat posko untuk melakukan koordinasi tindakan antisipasi jika ada laporan atau insiden.

Sebelumnya dunia dikejutkan dengan adanya virus malware jenis ransomware WannaCry yang menyebar sejak akhir pekan lalu. Virus itu menyerang sekitar 200.000 sistem di sekitar 150 negara. India dan Rusia paling banyak yang kena serangan WannaCry.

Beberapa perusahaan seperti rumah sakit, otomotif hingga industri perbankan di dunia dikabarkan terimbas penyebaran virus ini. (Galvan Yudistira)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber KONTAN


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.