Mudik Lebaran, Jutaan Pengguna Jasa ASDP Diimbau Pesan Tiket "Online"

Kompas.com - 14/06/2017, 08:00 WIB
Nakhoda dan ABK saat mendatangi kantor PT ASDP Indonesia Fery Cabang Kupang, Senin (12/6/2017). Kompas.com/Sigiranus Marutho BereNakhoda dan ABK saat mendatangi kantor PT ASDP Indonesia Fery Cabang Kupang, Senin (12/6/2017).
Penulis Moh. Nadlir
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry memprediksi akan ada 4.95 juta orang akan memadati tujuh lintasan utama penyeberangan nasional pada musim mudik Lebaran 2017.

Antara lain, di pelabuhan Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk, Padangbai-Lembar, Kayangan-Pototano, Panajam-Kariangau, Bajoe-Kolaka, dan Kelian-Tanjung. 

"Jumlah penumpang tahun ini diprediksi naik dibanding tahun 2016 yang mencapai 4.78 juta orang penumpang," kata Direktur PT ASDP Indonesia Ferry, Faik Fahmi di Jakarta, Selasa (13/6/2017). 

Rinciannya, roda dua naik 6,5 persen menjadi 443.666 unit, sama halnya juga roda empat naik 6,3 persen menjadi 628.002 unit. 

Faik juga mengingatkan agar masyarakat yang berencana menggunakan jasa penyeberangan untuk menjauhi puncak arus mudik, H-2 atau H-3. 

"Itu agar bisa terhindar dari potensi kemacetan akibat antrian kendaraan di gerbang penyebrangan. Seluruh penumpang mudik akan kami layani dengan 191 unit kapal ro-ro, dan 42 unit dermaga," ujar dia.

Tiket Online

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Faik mengimbau, kepada pemilik kendaraan kecil agar membeli tiket berjadwal secara online. Layanan tiket online telah dibuka dan dapat diakses masyarakat mulai 1 Juni untuk keberangkatan 19 Juni 2017.  

"Tidak hanya mengurangi antrian pembeli tiket di pelabuhan. Pemudik dengan tiket online juga punya jalur khusus di pelabuhan, scan barcode lebih singkat, masuk kapal pun lebih cepat," kata dia. 

Menurut Faik, tiket online menjadi salah satu solusi yang diharapkan dapat memudahkan pemudik, pengguna jasa ASDP. 

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X