Kuncil Mengelola Keuangan yang Sehat Bersama Pasangan

Kompas.com - 19/03/2019, 11:40 WIB
Ilustrasi istriCreativaImages Ilustrasi istri

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika berbicara tentang mengelola uang, wanita mungkin membuat kesalahan finansial yang membuat mereka makin miskin. Dan mereka pun tidak menyadari hal ini.

Selain itu, kebanyakan perempuan juga tidak melakukan hal untuk memperbaiki pengelolaan finansial mereka, yakni  ikut berperan aktif dalam membuat keputusan penting mengenai keuangan mereka.

Hal itu merupakan salah satu hasil studi dari UBS Global Wealth Management, yang menemukan bahwa 58 persen wanita meninggalkan pilihan-pilihan penting itu kepada pasangan mereka.

Wanita yang lebih muda, mereka yang berusia antara 20 dan 34, bahkan lebih cenderung untuk tunduk kepada orang lain mencapai 56 persen. Sementara itu, wanita yang lebih tua berusia 51 tahun ke atas, 54 persen mengatakan bahwa mereka menyerahkan keputusan mengenai uang kepada suami.

Kebiasaan ini dapat menempatkan wanita dalam risiko finansial, terutama jika mereka bercerai atau pasangan mereka meninggal.

Baca juga: Salah Kelola Keuangan Rumah Tangga Bisa Jadi Penyebab Perceraian

Di sisi lain, studi tersebut menemukan bahwa ketika pasangan yang bekerja bersama dalam tujuan uang jangka panjang, prospeknya membaik. Wanita mempunyai kepercayaan diri yang lebih tinggi akan masa depan mereka, lebih sedikit membuat kesalahan, dan lebih sedikit stres mengenai keuangan.

Mengutip dari CNBC.com, Selasa (19/3/2019), pakar keuangan memiliki beberapa kiat pasti tentang bagaimana wanita dan pria dapat membangun komunikasi yang sehat seputar uang bersama.

1. Mulai dari yang kecil

"Untuk memulai percakapan mengenai uang tidak harus lama. Cukup lima atau 10 menit saja," kata Kathleen Burns Kingsbury, psikolog di KBK Wealth Connection.

Mulailah dengan membahas pikiran dan keyakinan Anda seputar uang. Pastikan untuk mengingat satu aturan dasar: Tidak ada yang salah.

"Memiliki keingintahuan yang sama yang akan Anda miliki pada kencan pertama akan sangat membantu," kata Kingsbury.

2.  Tetap terlibat

Memang sangat menggoda, membiarkan pasangan untuk mengurus segala sesuatu, dan kita cukup duduk manis saja.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X