Kompas.com - 25/03/2019, 05:38 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi pejabat terkait menekan tombol saat meresmikan MRT Jakarta, di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/3/2019). Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta Fase 1 dengan rute Bundaran HI - Lebak Bulus resmi beroperasi. ANTARA FOTO/APRILLIO AKBARPresiden Joko Widodo didampingi pejabat terkait menekan tombol saat meresmikan MRT Jakarta, di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/3/2019). Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta Fase 1 dengan rute Bundaran HI - Lebak Bulus resmi beroperasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengharapkan peresmian Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia bisa menyelesaikan persoalan kemacetan dan mobilitas masyarakat ibukota yang tinggi.

"Ini merupakan investasi yg berharga untuk Jakarta yang traffic-nya begitu besar dan mobilitas masyarakatnya begitu cepat," kata Sri Mulyani saat mendampingi Presiden dalam meresmikan pengoperasian MRT di Jakarta, Minggu (24/3/2019).

Sri Mulyani pun meminta kepada warga Jakarta untuk bisa ikut merawat fasilitas MRT agar moda transportasi ini dapat bermanfaat dalam waktu yang lama untuk melayani masyarakat urban yang tinggal di pinggiran ibukota.

"Seluruh masyarakat ikut berpartisipasi untuk menjaga kebersihannya, menjaga pengelolaannya, menjaga ketertibannya, karena ini adalah dibangun oleh uang rakyat kita semua," katanya.

Baca juga: Tarif Tiket MRT Mahal? Ini Kata Kepala BPTJ

Ia juga mengharapkan fasilitas ini akan segera terhubung dengan moda transportasi lainnya, seperti Trans Jakarta maupun KRL Commuter Line, termasuk dengan MRT tahap kedua yang segera dilakukan pembangunannya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo bersama para pejabat terkait meresmikan MRT Jakarta Tahap I rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain meresmikan pengoperasian MRT Jakarta rute Lebak Bulus-Bundaran HI, Presiden juga mencanangkan pembangunan MRT Tahap II rute Bundaran Hotel Indonesia-Kota sepanjang 8,7 kilometer.

Pada awal sambutannya, Presiden mengatakan pengoperasian MRT Jakarta akan memulai peradaban baru di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Selain itu, Presiden meminta masyarakat disiplin dalam memanfaatkan fasilitas MRT Jakarta sehingga fasilitas itu dapat terawat dan beroperasi dengan baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.