Uber Dikabarkan Akan Caplok Rivalnya Asal Dubai Senilai 3,1 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 25/03/2019, 19:32 WIB
Logo Uber KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWANLogo Uber

NEW YORK, KOMPAS.com - Penyedia jasa transportasi on demand Uber Technologies dikabarkan akan melakukan akuisisi perusahaan pesaingnya asal Dubai, Careem Networks FZ pekan ini.

Dikutip dari Bloomberg, Senin, (25/3/2019), perusahaan penyedia jasa transportasi raksasa asal Amerika Serikat ini akan menggunakan beberapa skema untuk mengakusisi perusahaan tersebut, yaitu dengan membayar secara tunai senilai Rp 1,4 miliar dollar AS.

Selain itu, sumber Bloomberg mengatakan, Uber juga akan menerbitkan obligasi senilai 1,7 miliar dollar AS yang setara dengan 55 dollar AS per saham Uber. Secara keseluruhan, nilai akuisisi tersebut mencapai 3,1 miliar dollar AS.

Adapun pemegang saham Careem yang juga termasuk firma investasi milik Pangeran Kerajaan Arab Saudi Alwaleed bin Talal juga perusahaan e-commerce asal Jepang Rakuten telah diminta untuk sepakat dengan persyaratan transaksi pada Senin pagi waktu setempat. Adapun kesepakatan akuisisi akan diumumkan secepatnya pada Selasa (26/3/2019) esok hari.

Namun, juru bicara Uber Matt Kallman masih enggan berkomentar terkait hal ini, begitu juga dari pihak Careem.

Sebagai catatan, Uber tahun ini berencana akan melakukan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) tahun ini. IPO tersebut dikabarkan akan menjadi yang terbesar di sepanjang sejarah pasar saham Amerika Serikat, New York Stock Exchange. Rencana IPO tersebut akan direalisasikan pada April ini dan akan bervaluasi mencapai 120 miliar dollar AS.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Bloomberg

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X