Perlukah Anggaran Khusus untuk Anda yang Hobi Belanja? Ini Kata Perencana Keuangan

Kompas.com - 26/03/2019, 09:09 WIB
ilustrasi Thinkstockphotos.comilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi beberapa orang, berbelanja bisa menjadi salah satu bentuk rekreasi setelah lelah bekerja satu bulan lamanya. Ada beberapa orang yang memilih berbelanja produk fesyen, ada beberapa yang memilih berbelanja produk kosmetik, atau ada yang memiliki hobi untuk mengoleksi beberapa jenis produk tertentu.

Lalu, pentingkah mengalokasikan budget khusus untuk hobi berbelanja ini?

Perencana Keuangan Finansia Consulting Eko Endarto mengatakan, jika berbelanja menjadi bagian dari rekreasi seseorang maka menjadi penting untuk mengalokasikan budget khusus. Pengalokasian inilah yang nantinya menjadi batasan dari jumlah uang yang bisa dibelanjakan untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif.

"Kalau (belanja) bagian dari rekreasi, perlu untuk dialokasikan karena harus ada batasannya, belanja ini konsumtif, ngga ada batasannya kalau diikuti terus," ujar Eko ketika dihubungi Kompas.com, Senin (25/3/2019).

Baca juga: Ragam Cara Netizen Mengakali Kenaikan Ongkir Belanja Online

Ketika seseorang memiliki nominal angka belanja bulanan yang pasti, dia juga sudah harus tahu barang apa yang ingin dia beli. Sehingga ketika alokasi tersebut masih kurang, dia bisa menyisihkan untuk bulan berikutnya.

Eko mengatakan, tidak ada persentase khusus mengenai berapa jumlah alokasi tersebut jika dibandingkan dengan penghasilan bulanan seseorang. Yang pasti, dana khusus belanja itu sudah di luar dari kebutuhan pokok yang menjadi prioritas, seperti membayar cicilan, investasi, dan proteksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sisa dari uang itulah yang baru bisa dipakai untuk konsumsi," ujar dia.

Eko pun menegaskan untuk jangan menjadikan diskon sebagai alasan untuk berbelanja. Namun, sebaiknya, ketika seseorang ingin berbelanja suatu barang, dia sudah menetukan barang apa yang ingin dia beli, baru mencari adakah potongan harga untuk barang tersebut.

"Jangan jadikan diskon alasan untuk belanja, tapi jadikan belanja sebagai alasan mencari diskon. Jadi kalau belanja tentukan dulu apa yang mau dibeli kemudian baru nyari yang diskon yang mana, yang murah yang mana," ujar dia.

Baca juga: Ketika Belanja, Cowok Lebih Senang Mencicil ketimbang Cewek

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.