Tak Sekedar Tontonan, Film Salah Satu Penggerak Perekonomian

Kompas.com - 07/04/2019, 08:15 WIB
Ilustrasi film di bioskop Ilustrasi | ShutterstockIlustrasi film di bioskop

JAKARTA, KOMPAS.com - Film tak sebatas tontonan belaka. Jauh dari itu, film menjadi salah satu penggerak perekonomian di tengah perkembangan industrinya.

Menurut sutradara Fajar Nugros, film sejauh ini sudah memberikan dampak dan kontribusi pada perekonomian. Kehadiran film berserta industrinya sedikit banyak memberikan pengaruh positif.

"Enggak tahu saya (detailnya). Tapi mestinya menggerakkan ekonomi ya," kata Fajar kepada Kompas.com, Minggu (7/4/2019).

Baca juga: Bekraf Akui Industri Film Masih Kesulitan Jaring Investor

Fajar menjelaskan, salah satu bentuk bukti kontribusi film itu adalah penggunaan dan perputaran uang dalam penggarapan sebuah film. Jumlahnya pun bervariasi, tergantung besar cakupan sumber daya yang dibutuhkan pada film yang dibuat.

"(Film) mestinya menggerakkan ekonomi sih. (Dana) produksi miliaran, dan lain-lain. Itu kan riil," tuturnya.

Dia mengatakan, dalam membuat sebuah film sudah pasti akan melibatkan banyak hal. Ini termasuk pemain, pengunaan properti, dan lain sebagainya.

Baca juga: Peringati Hari Film nasional, Ini 4 Keunggulan Nonton Film di Bioskop

Kondisi tersebut tentu membuka kesempatan bagi yang kompeten terlibat, sehingga ada permintaan baik sisi jasa maupun barang yang harus dibayarkan.

" Produksi film kan melibatkan banyak hal. Ada perputaran uang miliaran di satu produksi film. Ada persewaan alat, rental mobil, katering untuk seratus kru lebih," sebut pengampu film Yowis Ben 2 ini.

Dikatakannya, dalam penggarapan film untuk pendanaan bisa dilakukan oleh sutradara langsung atau dari para investor. Kedua hal ini lumrah dan bisa saja terjadi. Namun, Fajar tak menyebutkan berapa besaran pendanaannya untuk sebuah film.

Baca juga: Ketika Sri Mulyani Promosi Film Makro Besutan Kemenkeu dan STAN

Sisi lain, di tengah perkembangan zaman, Fajar masih meyakini industri perfilman masih tetap hidup dan bertahan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X