Polisi Kaji Penerapan Ganjil-Genap di Tol Cikampek Saat Mudik Lebaran 2019

Kompas.com - 10/04/2019, 05:19 WIB
Pengendara kendaraan bermotor memadati ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta KM 12 di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (1/1/2019). ANTARA/Risky Andrianto Pengendara kendaraan bermotor memadati ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta KM 12 di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (1/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Korps Lalu Lintas Polri berencana melakukan pembatasan kendaraan menggunakan sistem ganjil-genap di ruas tol Jakarta-Cikampek saat musim mudik Lebaran 2019.

Hal tersebut bisa saja dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan parah di ruas tol tersebut.

"Sebagai wacana kita juga nanti apabila memungkinkan kita akan mewacanakan ganjil genap khususnya di ruas tertentu, di ruas Tol Cikampek," ujar Kepala Bagian Operasi Korlantas Polri Kombes Benyamin di Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Benyamin menambahkan, wacana tersebut masih dibahas dengan Kementerian Perhubungan.

"Ini untuk membagi arus kendaraan agar enggak menumpuk di jalan tol. ini masih didiskusikan lagi, apakah ini memungkinkan atau tidak (untuk diterapkan," kata Benyamin.

Sementara itu, manajemen rekayasa lalu lintas yang pasti akan dilakukan pihaknya, yakni sistem contraflow atau pemberlakuan sistem satu arah. Namun, hal tersebut dilakukan sesuai situasi dan kondisi yang terjadi di lapangan.

"Kemungkinan dengan (Tol) Japek masih ada pekerjaan, kita akan terapkan oneway, tidak sampai Cipali, tapi hanya Cikampek saja, tapi itu situasional," ucap dia.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X