Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Kaji Penerapan Ganjil-Genap di Tol Cikampek Saat Mudik Lebaran 2019

Kompas.com - 10/04/2019, 05:19 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Korps Lalu Lintas Polri berencana melakukan pembatasan kendaraan menggunakan sistem ganjil-genap di ruas tol Jakarta-Cikampek saat musim mudik Lebaran 2019.

Hal tersebut bisa saja dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan parah di ruas tol tersebut.

"Sebagai wacana kita juga nanti apabila memungkinkan kita akan mewacanakan ganjil genap khususnya di ruas tertentu, di ruas Tol Cikampek," ujar Kepala Bagian Operasi Korlantas Polri Kombes Benyamin di Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Benyamin menambahkan, wacana tersebut masih dibahas dengan Kementerian Perhubungan.

"Ini untuk membagi arus kendaraan agar enggak menumpuk di jalan tol. ini masih didiskusikan lagi, apakah ini memungkinkan atau tidak (untuk diterapkan," kata Benyamin.

Sementara itu, manajemen rekayasa lalu lintas yang pasti akan dilakukan pihaknya, yakni sistem contraflow atau pemberlakuan sistem satu arah. Namun, hal tersebut dilakukan sesuai situasi dan kondisi yang terjadi di lapangan.

"Kemungkinan dengan (Tol) Japek masih ada pekerjaan, kita akan terapkan oneway, tidak sampai Cipali, tapi hanya Cikampek saja, tapi itu situasional," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com