Kompas.com - 24/04/2019, 12:45 WIB
Ilustrasi KPR www.shutterstock.comIlustrasi KPR

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, Bank Danamon Syariah meluncurkan produk pembiayaan Kepemilikan Rumah (KPR) syariah dengan akad modal bersama (musyawarah mutanawqisah/MMQ).

Setelah peluncuran hingga saat ini, Direktur Bank Danamon Syariah Herry Hykmanto menyebut pembiayaan menggunakan KPR syariah tersebut paling diminati dan lebih populer dibanding KPR biasa.

"Pakai MMQ lebih populer, karena MMQ menyesuaikan pembayaran rumah dengan kemampuan. Kalau KPR lain biasanya ada denda saat lunas dipercepat. Jadi ini populer sekali," ucap Direktur Bank Danamon Syariah Herry Hykmanto di Jakarta, Selasa (23/4/2019).

Baca juga: Mau Beli Rumah? Ini Bedanya KPR Konvensional dan Syariah

Akad MMQ merupakan pembiayaan dengan skema kerja sama modal untuk pembelian properti. Pendapatan kerja sama tersebut dibagi hasil kepada nasabah.

Selain itu, pendapatan kerja sama juga digunakan untuk membeli porsi modal bank secara bertahap sesuai jangka waktu.

Lama-kelamaan, porsi modal bank nasabah akan meningkat menjadi 100 persen sehingga properti menjadi milik nasabah sepenuhnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Bunga KPR Naik? Ini Jurus agar Cicilan Tidak Bikin Pusing

Selain itu, Herry menyebut KPR syariah diminati karena dapat digunakan untuk pembiayaan properti apapun seperti rumah, ruko, rukan, properti inden, dan pembiayaan multiguna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.