Kompas.com - 24/04/2019, 13:04 WIB
Ilustrasi kilang minyak Iran. ReutersIlustrasi kilang minyak Iran.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sanksi ekspor minyak mentah Iran yang dilayangkan Amerika Serikat berpengaruh terhadap ekonomi Asia yang 35 persen menyumbang permintaan minyak mentah global.

Menurut Nassery dari Facts Global Energy dikutip dari CNN, Rabu (24/4/2019) mengatakan sanksi ini menurunkan pasokan minyak di Asia.

"Masalahnya adalah mereka akan memiliki sedikit pasokan minyak untuk keadaan darurat lainnya atau krisis lain di pasar minyak," kata Nasseri, analis dari Facts Global Energy dikutip dari CNN, Rabu (24/4/2019).

Amerika juga menyebut sanksi akan terus berlanjut sampai Iran mengakhiri pengejaran senjata nuklir. Tindakan keras itu menambah kekhawatiran pasokan yang meningkat di pasar minyak sehingga membebankan ekonomi Asia.

Menurut Nasseri, mengganti minyak mentah Iran akan menyisakan sedikit ruang bagi produsen untuk merespons pasokan minyak di masa depan.

Apalagi, harga minyak AS naik hampir 3 persen menjadi 65,70 Dollar AS per barel, melonjak 54 persen sejak bulan Desember tahun lalu. Minyak mentah Brent juga melonjak hampir 3 persen minggu ini dan menyentuh angka 74 Dollar AS per barel untuk pertama kalinya sejak awal november.

Bahkan harga minyak yang lebih tinggi dapat membebani pertumbuhan ekonomi di Cina dan India.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Efek domino kemungkinan besar akan menambah kesengsaraan ekonomi negara-negara Asia yang sudah mengalami perlambatan," kata analis Lukman Otunuga dikutip dari CNN, Rabu (24/4/2019).

Tanggapan Negara Asia

Meski pemerintah Amerika Serikat memperingatkan semua negara yang terus mengimpor minyak Iran akan dikenai sanksi, tidak semua bereaksi dengan baik terhadap ancaman itu.

Cina dan Turki mengecam tindakan sanksi tersebut. Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan secara tegas menolak sanksi tersebut.

Halaman:


Sumber CNN

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.