Tak Sebatas Platform pembayaran, LinkAja akan Salurkan Pinjaman

Kompas.com - 26/04/2019, 14:47 WIB
Ilustrasi T-Cash ke LinkAja T-CashIlustrasi T-Cash ke LinkAja

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform teknologi finansial (financial technology/ fintech) plat merah Link Aja nantinya akan menyalurkan pinjaman di samping untuk payment.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, saat ini, Link Aja tengah dalam tahap pengembangan layanan dompet digital. Adapun layanan pendanaan ditargetkan mulai beroperasi pada awal tahun 2020.

"Nanti kita harapkan bisa jadi bagian dari digital financing, akhir tahun LinkAja bisa memberikan pinjaman kepada pengusaha kecil yang menggunakan platform. Semenster II ini masuk ke e-wallet, dan semester I 2020 masuk ke lending," ujar Kartika di Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Walaupun demikian Tiko belum memberikan gambaran, sektor kredit yag akan disasar oleh LinkAja. Namun, Tiko optimistis potensi Link Aja di sektor lening cukup besar.

"Sekarang ini kan registered user LinkAja 25 juta, active user 2,9 juta. Kami harus explore platform-nya supaya di akhir tahun ini, active user mencapai 5 jutaan," ujar Tiko.

Dengan demikian, menurut Tiko, setidaknya terdapat 2,5 juta target pasar yang seharusnya dikerja oleh LinkAja.

"Itu nanti kita lihat dari 2,5 juta user yang ada kira-kira jenis usahanya dan size nya seperti apa apakah merak seperti KUR (Kredit Usaha Rakyat) mikro, atau mungkin masuk ke KUR retail," ujar dia.

Asal tahu saja, LinkAja merupakan produk fintech yang dimiliki oleh 4 bank BUMN, Pertamina, dan Telkomsel. Adapun pengelolaan Link Aja saat ini berada di bawah PT Fintech Karya Nusantara.

Modal awal yang digelontorkan oleh 4 bank BUMN sekaligus Telkomsel dan Pertamina dalam pengembangan fintech ini mencapai Rp 1,5 triliun.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X