Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Milenial, Ini Pentingnya Punya Asuransi Jiwa

Kompas.com - 29/04/2019, 22:30 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah Anda berpikir memilki tabungan dan investasi saja sudah cukup untuk perencanaan finansial Anda?

Menurut Direktur AXA Finansial Indonesia Cicilia Nina, memiliki tabungan dan instrumen investasi di era saat ini sudah tidak cukup. Anda pun harus punya asuransi jiwa. Mengapa demikian?

"Karena dalam kehidupan ini ada 3 resiko kehidupan, yaitu sakit, meninggal terlalu cepat, dan hidup terlalu lama. Dari situ Anda membutuhkan asuransi," ucap Cicilia Nina di Jakarta, Senin (29/4/2019).

Cicilia mengatakan, tabungan merupakan simpanan hari ini dan hanya untuk hari ini, sementara asuransi adalah simpanan Anda di masa depan. Kendati begitu, tabungan juga perlu untuk melengkapi perencanaan finansial.

Cicilia menyebutnya dengan SIP, yaitu Savings, Investment, dan Protection. Tiga hal ini menjadi kunci utama dalam perencanaan finansial yang baik. Bila salah satunya tidak terpenuhi, maka dipastikan perencanaan finansial Anda belum sempurna.

"Rekening tabungan perlu atau tidak? Tentu saja perlu. Kita pun membutuhkan yang jangka panjang seperti investasi, yang bentuknya seperti saham, obligasi, properti dan lain-lain," kata Cicilia.

"Tapi kadang-kadang investasi bisa inflow, juga bisa outflow. Nah, di sinilah peranan asuransi sebagai proteksi berfungsi jika terjadi resiko," lanjutnya.

Cicilia menyebut, rekening proteksi akan melindungi aset Anda hari ini ketika terjadi resiko. Sekalipun resiko tersebut tidak terjadi, maka rekening proteksi ini akan mengakumulasikan dana dan aset untuk masa depan.

"Apalagi asuransi jiwa. Suatu hari kita pasti tua dan mati. Ketika kembali ke Yang Maha Esa, maka rekening proteksi ini akan berfungsi memberi perlindungan untuk orang-orang yang kita cintai. Saya bilang seperti ini bukan karena bekerja di asuransi, tapi memang sebegitu pentingnya asuransi," tutur Cicilia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com