Akses ke Gambir Macet, PT KAI Berlakukan Rekayasa Pemberangkatan Kereta

Kompas.com - 28/05/2019, 05:13 WIB
Sejumlah penumpang menunggu Kereta Api Sawunggalih dari Stasiun Cirebon menuju Stasiun Pasar Senen, Sabtu (18/5/2019). Pada masa angkutan lebaran tahun 2019, PT KAI Daop III Cirebon menambah sebanyak 4.7 persen kuota tempat duduk dari tahun lalu. Kompas.com/ MUHAMAD SYAHRI ROMDHONSejumlah penumpang menunggu Kereta Api Sawunggalih dari Stasiun Cirebon menuju Stasiun Pasar Senen, Sabtu (18/5/2019). Pada masa angkutan lebaran tahun 2019, PT KAI Daop III Cirebon menambah sebanyak 4.7 persen kuota tempat duduk dari tahun lalu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah ruas jalan di sekitar MH Thamrin, Jakarta Pusat ditutup. Imbasnya, terjadi kemacetan di beberapa titik jalan, termasuk di jalan Medan Merdeka Timur menuju Stasiun Gambir.

Untuk mengantisipasi keterlambatan penumpang, PT KAI Daop 1 Jakarta memberlakukan kebijakan rekayasa pola operasi Berhenti Luar Biasa (BLB).

Rekayasa pola operasi pemberangkatan KA ini akan dilakukan pada Selasa (28/5/2019) mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.35 WIB.

Total, ada 12 KA keberangkatan dari Stasiun Gambir, yang akan direkayasa pola operasi pemberangkatannya.

Baca juga: Mau Naik Kereta Kelas Sleeper? Ini Harga dan Cara Beli Tiketnya

"Ke-12 KA ini tetap akan berangkat dari Gambir sesuai jadwal, namun khusus hari ini ada penyesuaian pola operasi, yaitu bila biasanya KA yang berangkat dari Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara, hari ini akan berhenti di Stasiun Jatinegara untuk proses naik-turun penumpang,” ujar Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, dalam keterangan tertulisnya, Selasa.

Rekayasa pola operasi ini dilakukan sebagai langkah antisipasi agar calon penumpang KA tidak tertinggal KA. Untuk itu, PT KAI Daop 1 Jakarta menghimbau agar calon penumpang dapat memperkirakan waktu perjalanannya menuju stasiun dengan jadwal keberangkatan KA.

Namun perlu diketahui bahwa di Stasiun Jatinegara tidak disediakan loket pembelian tiket KA.

"Kami sudah menyiagakan petugas untuk membantu pelayanan penumpang di Stasiun Jatinegara dan mengingatkan kembali agar calon penumpang memastikan nama yang tertera pada tiket/kode booking sesuai dengan nama yang tertera pada kartu identitas," kata Eva.

Baca juga: Mudik dengan Pesawat, Kereta, atau Bus, Mana Lebih Hemat?

Berikut daftar nama KA – KA yang memberlakukan rekayasa pola operasi pemberangkatan Stasiun Gambir yang berhenti juga di Stasiun Jatinegara untuk proses naik penumpang:

1. KA Argo Dwipangga
2. KA Taksaka I
3. KA Argo Parahyangan
4. KA Argo Jati
5. KA Argo Anggrek

6. KA Tegal Bahari
7. KA Argo Dwipangga Fakultatif
8. KA Tegal Bahari
9. KA Argo Parahyangan
10. KA Cirebon Express
11. KA Argo Parahyangan

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X