Babak Baru Perang Dagang AS-China Dimulai

Kompas.com - 01/06/2019, 11:38 WIB
Ilustrasi perang dagangshutterstock.com Ilustrasi perang dagang

WASHINGTON, KOMPAS.com - Amerika Serikat ( AS) mulai menerapkan kenaikan tarif menjadi 25 persen terhadap barang-barang asal China yang datang ke AS melalui jalur laut. Ini adalah babak baru ketegangan perang dagang antara AS dan China.

Presiden AS Donald Trump sebelumnya menetapkan kenaikan tarif terhadap barang-barang asal China dengan total nilai 200 miliar dollar AS pada 13 Mei 2019. Namun, diberikan waktu penyesuaian bagi kapal-kapal kargo yang berangkat dari China sebelum tanggal itu.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (1/6/2019), Perwakilan Perdagangan AS pada 15 Mei 2019 lalu menetapkan tenggat waktu, yakni pada 1 Juni 2019, bagi barang-barang tersebut agar sampai di AS. Setelah itu, petugas Bea Cukai dan Perbatasan AS akan mulai menerapkan bea masuk sebesar 25 persen.

Baca juga: Kurs Rupiah Terbakar Panasnya Perang Dagang

Kenaikan tarif berlaku untuk beragam jenis barang serta komponen yang berasal dari China termasuk modem dan router internet, furnitur, pembersih debu, hingga lampu.

Pada hari ini juga, China mulai menerapkan tarif balasan lebih tinggi terhadap barang-barang dari AS senilai 60 miliar dollar AS. Penerapan tarif itu diumumkan pada 13 Mei 2019 lalu dan efektif berlaku di Beijing mulai Sabtu dini hari tadi.

Sebanyak lebih dari 5.140 barang dari AS terkena tarif tambahan sebesar 20 atau 25 persen. Beijing sebelumnya menerapkan tarif sebesar 5 atau 10 persen terhadap barang dari AS.

Sejauh ini belum ada perundingan perdagangan lebih lanjut antara AS dengan China. Padahal, perundingan perdagangan sudah dijadwalkan sejak 10 Mei 2019 lalu.

 

 

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X