Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Optimisme Konsumen di Mei 2019 Tetap Baik

Kompas.com - 12/06/2019, 12:19 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia mengindikasikan bahwa optimisme konsumen tetap baik pada Mei 2019. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Mei 2019 sebesar 128,2.

Angka tersebut sedikit meningkat dibandingkan dengan IKK bulan sebelumnya sebesar 128,1.

"Optimisme konsumen yang tetap baik didorong oleh kenaikan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE), terutama persepsi terhadap ketersediaan lapangan kerja dan pembelian barang tahan lama," ujar Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dalam keterangan tertulisnya, Rabu (12/5/2019).

Onny menambahkan, di samping itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan tetap cukup kuat meskipun lebih rendah dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Hal ini dipengaruhi oleh penurunan ekspektasi terhadap penghasilan dan kegiatan usaha pada enam bulan ke depan.

"Hasil survei juga mengindikasikan tekanan harga dalam enam bulan mendatang (November 2019) diperkirakan meningkat," kata Onny.

Peningkatan tersebut terutama dipengaruhi oleh permintaan konsumen terhadap barang dan jasa yang diperkirakan meningkat menjelang akhir tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com