Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Prediksi Inflasi Akhir Juni 0,45 Persen

Kompas.com - 28/06/2019, 15:01 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan survei pemantauan harga yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI), pada minggu terakhir Juni 2019, tingkat inflasi terpantau sebesar 0,45 persen (month to month).

Sementara, secara tahunan, tingkat inflasi hingga akhir Juni ini sebesar 3,21 persen (year to date).

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo mengatakan, hal tersebut tersebut menunjukkan tingkat inflasi cenderung masih terjaga meski terdapat beberapa faktor yang mendorong inflasi dari bulan sebelumya seperti harga cabai dan angkutan dalam kota.

"Jadi artinya inflasi masih cukup terjaga. Beberapa penyebab inflasi masih terbawa dari bulan lalu seperti cabai dan angkutan dalam kota. Tapi semuanya ke arah tren menurun," ujar Dody ketika ditemui di kompleks BI di Jakarta, Jumat (28/6/2019).

BI pun optimistis, inflasi bisa terjaga rendah hingga akhir tahun. Bahkan Dody mengatakan, inflasi bisa terjaga di bawah target 3,5 persen.

"Artinya tetap terjaga daya beli masyarakat. Inflasinya juga terjaga," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com