BI Prediksi Inflasi Akhir Juni 0,45 Persen

Kompas.com - 28/06/2019, 15:01 WIB
Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo KOMPAS.com/MUTIA FAUZIADeputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan survei pemantauan harga yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI), pada minggu terakhir Juni 2019, tingkat inflasi terpantau sebesar 0,45 persen (month to month).

Sementara, secara tahunan, tingkat inflasi hingga akhir Juni ini sebesar 3,21 persen (year to date).

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo mengatakan, hal tersebut tersebut menunjukkan tingkat inflasi cenderung masih terjaga meski terdapat beberapa faktor yang mendorong inflasi dari bulan sebelumya seperti harga cabai dan angkutan dalam kota.

"Jadi artinya inflasi masih cukup terjaga. Beberapa penyebab inflasi masih terbawa dari bulan lalu seperti cabai dan angkutan dalam kota. Tapi semuanya ke arah tren menurun," ujar Dody ketika ditemui di kompleks BI di Jakarta, Jumat (28/6/2019).

BI pun optimistis, inflasi bisa terjaga rendah hingga akhir tahun. Bahkan Dody mengatakan, inflasi bisa terjaga di bawah target 3,5 persen.

"Artinya tetap terjaga daya beli masyarakat. Inflasinya juga terjaga," ujar dia.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X