10 Keterampilan Berharga Ini Bisa Diperoleh Saat Kuliah Sambil Bekerja

Kompas.com - 29/06/2019, 13:21 WIB
Ilustrasi bekerja imtmphotoIlustrasi bekerja

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuliah sambil bekerja memang menjadi tantangan. Tetapi hal ini bisa menjadi penambah nilai yang luar biasa untuk resume Anda ketika bersiap meninggalkan kenyamanan dunia akademik.

Menjadi mahasiswa yang bekerja juga membantu Anda membangun jaringan profesional lebih awal, yang akan berguna dalam proses mencari pekerjaan.

Bergantung pada minat dan bakat Anda, ada banyak pilihan pekerjaan paruh waktu dan fleksibel di mana Anda dapat mempelajari keterampilan/skill yang berharga.

Selain pekerjaan untuk mahasiswa yang umum seperti ritel, penjualan, pengiriman makanan dan sejenisnya, internet juga memberi sarana untuk mengoperasikan bisnis online dan memberikan layanan freelance kepada audiens internasional dari mana pun Anda berada.

Baca juga: Tidak Bahagia dengan Pekerjaan Anda, Mungkin Ini 5 Penyebabnya

Apakah Anda memilih untuk mengambil pekerjaan paruh waktu konvensional atau berwiraswasta, Anda akan belajar banyak keterampilan yang berharga untuk ditambahkan ke kualifikasi akademik Anda.

Mengutip JobStreet, Sabtu (29/6/2019), setidaknya ada 10 keterampilan berharga yang dapat diperoleh ketika kuliah sambil bekerja:

1. Layanan pelanggan

Sebagai salah satu keterampilan terpenting yang dapat dipelajari siapa pun, layanan pelanggan tidak hanya sesuai bagi mahasiswa yang berencana untuk memasuki profesi yang berhadapan dengan pelanggan ketika mereka lulus.

Jika Anda melihat diri Anda bekerja di perusahaan komersial apa pun yang menjual produk atau layanan, Anda akan bersyukur memiliki pengalaman menangani pelanggan.

2. Komunikasi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X