Dirut Garuda Indonesia Siap Lepas Posisi Komut di Sriwijaya Air

Kompas.com - 01/07/2019, 21:44 WIB
Ilustrasi: Sejumlah maskapai nasional terparkir di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan Kalimantan Timur KOMPAS.com/ Bambang P. JatmikoIlustrasi: Sejumlah maskapai nasional terparkir di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan Kalimantan Timur

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra diperiksa oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) atas dugaan rangkap jabatan sebagai Komisaris Sriwijaya Air.

Menanggapi hal itu, Deputi Jasa Keuangan, Survei, dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo memastikan, pihaknya akan segera mengganti pria yang biasa disebut Ari itu dari posisi komisaris Sriwijaya Air.

"Kami hormati putusan KPPU untuk rangkap jabatan," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (1/7/2019).

"Untuk yang Pak Ari Askhara di Sriwijaya (akan) kami ganti. Kan beliau merangkap komisaris utama di Sriwijaya," sambung dia.

Gatot menyebut sebenarnya praktik rangkap jabatan direksi BUMN diperbolehkan dalam konteks penugasan.

Namun, kata dia, penugasan itu bisa saja dibatalkan denhan berbagai alasan. Salah satunya terkait dengan persaingan usaha. Namun belum dipastikan kapan pergantian itu.

"Tapi seandainya itu dianggap berpengaruh pada persaingan usaha, itu kami ganti," kata dia

Ari Askhara sudah mengaku melakukan rangkap jabatan, namun ia menyebut hal itu dilakukan demi kepentingan bangsa.

Selain jadi Dirut Garuda Indonesia, pria yang akrab disapa Ari itu juga menjabat sebagai komisaris utama Sriwijaya Air dan Citilink.

"(Saya) rangkap jabatan didasari atas kepentingan untuk menyelamatkan aset negara," ujar Ari di kantor KPPU, Jakarta.

Ari menambahkan, rangkap jabatan tersebut juga sudah sesuai ketentuan yang berlaku. Namun, dia tak menjelaskan aturan yang dimaksud.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X