Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membuat CV, Perlukan Mencantumkan Hobi dan Minat?

Kompas.com - 15/07/2019, 11:08 WIB
Murti Ali Lingga,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kalau Anda sudah masuk dunia kerja atau mungkin baru akan masuk ke dunia pekerjaan, yang namanya CV memang penting untuk dimiliki.

Hal ini ibarat tiket masuk yang ampuh supaya bisa masuk ke dalam pengalaman kerja yang baru. Dari CV atau profile, para rekruter atau calon bos bisa melihat siapa dirimu, asal-usul karirmu, dan juga kualitas dirimu.

Membahas soal CV atau profile, ada banyak poin yang perlu kamu tulis di sini. Seperti nama lengkap, riwayat pendidikan, riwayat karir, itu hal penting yang harus banget kamu tulis. Begitu juga soal skill yang kamu miliki.

Baca juga: Apa yang Harus Dipersiapkan "Fresh Graduate" Ketika Melamar Pekerjaan?

Tetapi, poin yang masih sering dipertanyakan; hobi dan minat. kedua hal ini masih suka ditanyakan oleh pencari kerja. Sebenarnya, butuh dimasukkan ke dalam CV juga nggak, sih?

Mengutip Klibbr, Senin (15/7/2019), berikut ini penjelasan perlu atau tidaknya membubuhkan hobi dan minat dalam CV.

Hobi itu menunjukkan karakter

Seperti disebutkan sebelumnya, hobi memang sering dijadikan poin tambahan dalam CV. Terkadang, hobi memang bisa menunjukkan karakter kita yang sesungguhnya.

Melalui hobi, kita juga bisa mengenal bagaimana seseorang mengatasi tantangan dan masalah yang dihadapi. Hal ini terkadang penting juga bagi rekruter untuk tahu.

Bagaimanapun juga, orang ini yang akan bekerja setiap hari denganmu, tentu para rekruter perlu tahu bagaimana kamu menghadapi setiap tantangan dan masalah yang diberikan.

Hobi membuatmu lebih mudah ditemukan

Perlu Anda ketahui, menyeleksi CV itu adalah sebuah hal yang melelahkan. Bayangkan, dalam setiap dashboard rekruter, setidaknya ada ribuan lamaran yang masuk untuk satu posisi pekerjaan.

Itu baru satu posisi saja, bagaimana jika satu rekruter memiliki lima posisi lowongan yang harus diseleksi?

Ribuan lamaran yang masuk, artinya peluang kamu untuk terlihat juga enggak begitu besar. Nah, percaya atau enggak, hobi itu mampu membuatmu menjadi lebih mudah dilihat oleh rekruter.

Apalagi jika hobi kita cukup unik untuk diketahui. Memasukkan hobi ke dalam CV kamu bisa cukup membantumu menjadi lebih terlihat oleh rekruter. Dengan hal yang unik, rekruter mungkin bisa lebih tertarik melihat CV Anda terlebih dahulu. Meskipun hal ini enggak mutlak dan cenderung subjektif, tapi cukup menambah peluang kamu, lah.

Jadi, apakah perlu memasukkan hobi dan minat ke dalam CV? Jawabannya, ya! Meskipun semua kembali lagi ke Anda, tapi rasanya enggak ada salahnya memasukkan hobi ke dalam CV kamu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com