BI Masih Buka Peluang Kembali Turunkan Suku Bunga Acuan

Kompas.com - 19/07/2019, 06:12 WIB
Ilustrasi Bank Indonesia (BI). SHUTTERSTOCKIlustrasi Bank Indonesia (BI).

JAKARTA - Bank Indonesia ( BI) memutuskan memangkas suku bunga acuan sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 5,75 persen pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI yang berlangsung pada 17-18 Juli 2019.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyatakan, bank sentral masih membuka peluang terhadap penurunan suku bunga secara lebih lanjut.

Dia menjelaskan, BI bakal melonggarkan berbagai bauran kebijakan BI untuk menambah likuditas di pasar melalui kebijakan moneter yang akomodatif. Tak hanya melalui penurunan suku bunga acuan, BI pun telah melakukan kebijakan lain seperti penurunan GWM, lelang reguler term repo dengan tenor yang diperpanjang, juga operasi swap yang diselenggarakan secara reguler.

Baca juga: BI Turunkan Suku Bunga Acuan Jadi 5,75 Persen

"Ke depan BI memandang masih terbuka ruang bagi kebijakan moneter yang akomodatif. Akomodatif itu bisa jadi lewat pengendoran likuiditas atau penurunan suku bunga," ujar Perry di Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Dia menjelaskan, peluang penurunan suku bunga acuan terbuka lantaran tingkat inflasi yang terjaga rendah serta keinginan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Kata dia, BI ke depan akan terus memperhatikan perkembangan ekonomi global dan domestik untuk menindaklanjuti dengan bauran kebijakan yang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi yang stabil.

Sebagai catatan sebelumnya BI telah melonggarkan likuiditas lewat penurunan rasio Giro Wajib Minimum (GWM) denominasi rupiah sebesar 50 bps pada bulan lalu.

Baca juga: Rupiah Menguat Usai BI Turunkan Suku Bunga Acuan

Untuk diketahui, penurunan suku bunga pada RDG bulan Juli 2019 memang menjadi kebijakan pertama BI dalam melonggarkan kebijakan moneter. Sebab, suku bunga acuan telah dipertahankan sebesar 6 persen sejak November 2018, stelah bank sentral menaikkan 175 bps di sepanjang tahun lalu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X