Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Inalum Gelar Research Award Competition, Berhadiah Dana Penelitian Rp 3 Miliar

Kompas.com - 19/07/2019, 17:30 WIB
Mico Desrianto,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam rangka mendorong minat penelitian para akademisi di Indonesia terkait industri pertambangan, PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) menggelar Research Award Competition 2019.

Dikelola Mining and Minerals Industry Institute (MMII), sebuah lembaga riset dari Inalum, kompetisi ini menyediakan hadiah dana penelitian sebesar Rp3 miliar untuk tiga proposal penelitian terbaik.

Direktur Utama Inalum, Budi Ginadi, mengatakan jika pihaknya berupaya menyaring ide-ide inovatif terkait pengelolaan sumber daya alam (SDA) dan cadangan nasional yang efisien dan ramah lingkungan.

"Lomba ini bertujuan mendorong para akademisi untuk meningkatkan kualitas penelitian di bidang eksplorasi, pertambangan dan hilirisasi minerba," ucap dia sesuai rilis yanng Kompas.com terima, Jumat (19/7/2019).

Baca juga: Tahun Ini, Nilai Aset Inalum Capai Rp 162 Triliun

Ada empat kategori yang diperlombakan yaitu eksplorasi minerba, pertambangan minerba, hilirisasi minerba, dan sisa pengolahan dan produk samping.

Sementara itu, Direktur MMII Ratih Amri menyebut kompetisi ini merupakan kesempatan emas bagi para akademisi industri pertambangan untuk mempresentasikan hasil inovasi dan penelitiannya di depan para pakar dunia pertambangan Indonesia.

"Tahapan dimulai dari registrasi melalui website resmi MMII, lalu seleksi proposal penelitian, dan kemudian tahap monitoring yang seluruh informasinya bisa diakses publik di website resmi," papar Ratih.

Lebih jauh Ratih mengatakan, Inalum optimis Research Award Competition akan memberikan hasil penelitian baru yang tentunya memberikan manfaat besar bagi industri pertambangan Indonesia.

"Inalum juga akan memberikan pendampingan agar penelitian dan inovasi yang diajukan bisa dikembangkan sampai dengan skala industri," tutup Ratih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com