Jaga Anggaran Liburan, Lakukan 3 Tips Pilih Travel Aman Ini

Kompas.com - 20/07/2019, 19:35 WIB
Ilustrasi liburan. SHUTTERSTOCKIlustrasi liburan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih jasa travel untuk liburan bisa menjadi hal paling riskan. Pasalnya, bila Anda salah memilih travel, uang liburan Anda mungkin akan terbuang sia-sia.

Mulai dari persiapan perjalanan yang kurang matang hingga maraknya penipuan travel.

Untuk mengatur keuangan Anda lebih bijak, simak 3 tips keamanan yang bisa jadi pertimbangan saat memilih travel.

1. Pastikan travel pilihan Anda punya layanan pelanggan

Cara paling mudah untuk mengetahui travel tersebut aman atau tidak adalah dengan mengecek keberadaan layanan pelanggan atau customer service/call center.

Pimpinan Cabang H.I.S Travel Mall Taman Anggrek Ombun Hutabarat menyarankan, jangan memilih travel tanpa layanan pelanggan sekalipun travel itu sudah sangat familiar.

Hal ini kata Ombun, untuk mencegah terjadinya hal yang tak diinginkan seperti tak bisa komplain dan tak ada pengarahan meski travel tersebut tak pernah menipu pelanggan sebelumnya.

"Baiknya tempat travel yang sudah cukup familiar dan punya customer service yang pasti. Karena standar ISO nya sekarang untuk travel yang bisa dipercaya adalah memiliki customer service," kata Ombun Hutabarat di Jakarta, Jumat (19/7/2019).

"Kalau tidak ada CS berarti tidak ada feedback untuk customer. Kalau ada komplain atau apa-apa percuma enggak bisa dilaporkan. Either dia cukup besar tapi enggak punya cs bagi saya agak mengkhawatirkan," lanjutnya lagi.

Baca juga: Merugi, Sriwijaya Air Tak Lanjutkan Program Travel Pass

2. Jangan terpaku harga murah

Istilah "Harga menyesuaikan kualitas dan kualitas menyesuaikan harga" nampak betul adanya. Banyak travel yang menawarkan harga murah tapi ujung-ujungnya tidak jelas.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X