KILAS

Resmi, Indonesia akan Ekspor Buah ke Argentina

Kompas.com - 23/07/2019, 11:27 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara langsung datang ke Istana Kepresidenan Buenos Aires, Argentina untuk merealisasikan kerja sama di bidang pertanian dengan Presiden Argentina Mauricio Macri pada Senin, (22/7/2019).Dok. Humas Kementan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara langsung datang ke Istana Kepresidenan Buenos Aires, Argentina untuk merealisasikan kerja sama di bidang pertanian dengan Presiden Argentina Mauricio Macri pada Senin, (22/7/2019).

KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia dan Argentina menyepakati kerja sama pada sektor pertanian.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara langsung datang ke Istana Kepresidenan Buenos Aires, Argentina untuk merealisasikan kerja sama tersebut dengan Presiden Argentina Mauricio Macri pada Senin, (22/7/2019).

Pada kesempatan itu, pemerintah Argentina menyetujui Indonesia mengekspor mangga, pisang, manggis, nanas, dan salak.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga berkomitmen menambah volume ekspor CPO ke Argentina sehingga pangsa pasar (market share) CPO Indonesia di Argentina akan meningkat.

Baca juga: Tingkatkan Ekspor Pertanian, Kementan Jajaki Kerja Sama dengan Singapura

Pada kesempatan yang sama, kedua pemerintah pun sepakat untuk bekerja sama dalam pengembangan teknologi pertanian, yaitu dryer, silo, dan mekanisasi pengolahan hasil pertanian.

Mentan menyebutkan, ini adalah saat bersejarah bagi pertanian Indonesia. Akses pasar bagi produk petani diberikan langsung oleh Presiden Argentina.

"Kami akan maksimalkan peluang ini agar kesejahteraan petani meningkat," tegas Mentan Amran dalam keterangan resminya.

Persetujuan tersebut akan diawali dengan penandatangan perjanjian kedua belah pihak antara Menteri Pertanian RI dan Menteri Agroindustri Argentina.

Rencananya, penandatanganan itu akan dilaksanakan di Jakarta pada September 2019.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X