Kepala BKN: PNS Kerja dari Rumah, Mungkin Terealisasi 20 Tahun Lagi...

Kompas.com - 19/08/2019, 15:00 WIB
Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana saat meninjau tes CPNS di Kota Malang, Jumat (16/11/2018) KOMPAS.com/ANDI HARTIKKepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana saat meninjau tes CPNS di Kota Malang, Jumat (16/11/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana pemerintah mengupayakan PNS agar bisa kerja dari rumah dinilai tidak akan mudah diterapkan dalam waktu dekat ini.

Kepala Badan Kepegawaian Negara ( BKN) Bima Haria Wibisana mengtakan, kemungkinan hal tersebut baru bisa dilakukan pada 20 tahun lagi.

"Kalau 20 tahun lagi mungkin saja ya. Kita kan harus mengantisipasi perkembangan teknologi yang sedemikian cepat," ujarnya di Jakarta, Senin (18/8/2019).

"Yang mungkin bisa lebih efektif kalau tidak semuanya PNS hadir di kantor, kan falsafahnya seperti itu," sambungnya.

Lagi pula ucapnya, tidak akan semua PNS bisa kerja dari rumah. Untuk PNS yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat tetap harus ke kantor atau tempat kerjanya. Misalnya guru dan dokter.

Baca juga : Asyik, PNS 4.0 Bisa Kerja dari Rumah dan Dapat Single Salary...

Lalu siapa saja yang bisa dari rumah? Bima mencontohkan peneliti dan pranata komputer yang bisa bekerja dari mana saja.

Meski begitu, ia juga menilai perlunya sistem yang bisa mengawasi para PNS tersebut saat bekerja dari rumah.

"Kemudian kalau sudah dibuat ini koneksi ke kantornya bagaimana nih? Dengan mobile, dengan Internet atau bagaimana?," kata dia.

"Seberapa secure pekerjaan-pekerjaan itu kalau dikirim. Itu semua masih perlu kita kaji lebih dalam lagi," sambung Bima.

Wacana Awal

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memunculkan wacana agar pegawai negeri sipil (PNS) bisa bekerja di luar kantor.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X