Jadi Kandidat Ibu Kota, Apa Potensi Ekonomi di Kutai Kartanegara?

Kompas.com - 26/08/2019, 21:42 WIB
Wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur. GOOGLE MAPWilayah Kabupaten Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan ibu kota baru akan berada di Kalimantan. Ada dua daerah yang dinilai ideal, yakni Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Lantas, bagaimana karakteristik dan potensi ekonomi yang dimiliki Kutai Kartanegara selama ini?

Secara administrastif, daerah ini terbagi dalam 18 wilayah kecamatan dan 237 desa/kelurahan. Topografi wilayah sebagian besar bergelombnag sampai berbukit dengan tingkat kelerengan landai sampai curam.

"Struktur perekonomian Kabupaten Kutai Kartanegara didominasi oleh sektor miyak dan gas bumi, pertanian dan pertambangan," tulis Pemkab Kutai Kartanegara dalam laman resminya dikutip Kompas.com, Senin (26/8/2019).

Berdasarkan catatan Pemkab Kutai Kartanegara, sumber daya alam yang dimiliki tersebut punya kontribusi berbeda terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) setiap tahunnya.

Pada 2010 misalnya, sektor pertambangan dan penggalian menyumbang sebesar 83,84 persen, pertanian sebesar 6,34 persen, perdagangan dan hotel berkontribusi sebesar 2,68 persen.

Kemudian industri pengolahan 1,28 persen, bangunan sebesar 3,21 persen.

"Tapi apabila dihitung tanpa migas, sektor pertambangan dan penggalian masih tetap dominan dengan berkontribusi sebesar 54,55 persen. Semetara sektor lainnya juga memberikan kontribusi yang cukup besar," lanjut catatan itu.

Sungai Mahakam

Jika ditinjau dari penduduknya, sebagian besar penyebarannya mengikuti pola transportasi yang ada. Sungai Mahakam menjadi jalur utama transportasi lokal.

Keadaan tersebut menyebabkan sebagain besar pemukiman penduduk terkonsentrasi di tepi Sungai Mahakam dan cabang-cabangnya.

"Mata pencaharian penduduk sebagain besar di sektor pertanian sebesar 38,25 persen, industri/kerajinan sebesar 18,37 persen, perdagangan sebesar 10,59 persen dan lainnya 32,79 persen," rincinya.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X