Jonan: Pertamina Jangan Hanya Menunggu Blok Migas yang Jatuh Tempo Saja

Kompas.com - 04/09/2019, 15:07 WIB
Menteri ESDM Ignasius Jonan di Jakarta, Rabu (4/9/2019). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMAMenteri ESDM Ignasius Jonan di Jakarta, Rabu (4/9/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meminta PT Pertamina (persero) terus melakukan eksplorasi untuk menemukan cadangan minyak dan gas baru.

Hal tersebut perlu dilakukan untuk meningkatkan produksi migas perusahaan pelat merah tersebut.

“Pertamina sendiri harus mempunyai semangat. Harus melakukan eksplorasi dengan sungguh-sungguh,” ujar Jonan di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Baca juga: Pertamina Kembali Salurkan BBM di Jayapura

Jonan mengatakan, dalam bisnis migas, Pertamina harus berani melakukan eksplorasi. Sebab, jika hanya bertindak pasif, Pertamina tak bisa meningkatkan produksinya.

“Kalau Anda mau bikin terobosan yang besar, mau ekspansi yang besar di bisnis itu harus melakukan eksplorasi sendiri,” kata Jonan.

Selain itu, Jonan juga meminta Pertamina tak hanya menunggu penugasan dari pemerintah untuk mengelola blok migas tertentu.

“Jadi jangan hanya menunggu blok produksi yang sudah jatuh tempo, terus nanti diteruskan oleh mereka. Itu sih ok, enggak ada masalah, tapi eksplorasinya juga harus,” ucap dia.

Baca juga: Jonan Targetkan 2020 Indonesia Sudah 100 Persen Tersambung Listrik

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X