Kompas.com - 04/10/2019, 05:12 WIB
Membayar menggunakan kartu kredit. AP PhotoMembayar menggunakan kartu kredit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perbankan terus berlomba untuk menggenjot transaksi kartu debit.

Hal tersebut dilakukan sejalan dengan mulai berkembangnya digital banking yang memungkinkan nasabah bertransaksi tanpa menggunakan kartu (cardless).

Meski begitu, Bank Indonesia (BI) tetap mencatat kenaikan transaksi kartu debit. Terhitung sejak Januari hingga Agustus 2019 transaksi menggunakan kartu debet masih naik 13,14 persen secara tahunan (year on year/yoy) dari 4,17 miliar transaksi menjadi 4,71 miliar transaksi.

Sementara itu, nominal transaksi kartu debit juga masih terus tumbuh dua digit dari Rp 4.512,13 triliun per Januari-Agustus 2018 menjadi Rp 5.083,27 triliun di periode yang sama tahun 2019 atau naik 12,65 persen (yoy).

Alih-alih untuk terus menopang transaksi, perbankan pun harus lebih lincah memutar otak.

Baca juga: 5 Tips agar Transaksi Aman untuk Pemegang Kartu Kredit dan Debit

Ambil contoh, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yang kerap melakukan kerja sama co-branding kartu debit dengan beberapa mitra. Terbaru, perseroan menerbitkan kartu debit co-branding berdesain khusus dengan Koperasi Simpan Pinjam (Kospin).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi menuturkan kartu tersebut bakal dapat memudahkan lebih dari 600.000 anggota Kospin.

"Sejauh ini ada sekitar 90 mitra dan perusahaan yang menjalin co-branding kartu debit. Ke depan kami juga masih punya beberapa pipeline," katanya saat ditemui di Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Ia juga mengatakan, sejauh ini transaksi kartu debit Bank Mandiri juga masih cukup tinggi yakni mencapai 14 persen (yoy) per Agustus 2019.

Mengenai adanya potensi berkurangnya transaksi kartu debit di tengah perkembangan teknologi pembayaran seperti mobile banking atau QR code, Hery tetap yakin transaksi kartu debit akan tetap tumbuh.

Baca juga: Bank Mandiri Luncurkan Kartu Debit Khusus Kospin Jasa

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.