Ada 4 Perusahaan Berpotensi Jadi Mitra Pembayaran Tiket MRT Jakarta

Kompas.com - 08/10/2019, 15:00 WIB
Suasana Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (25/3/2019). KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOSuasana Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (25/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta tengah menjaring perusahaan sebagai mitra penyedia sistem pemindaian kode respon cepat ( QR Code) untuk pembayaran tiket.

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta, Muhammad Kamaludin mengatakan, proses penjaringan platform penyedia QR Code untuk pembayaran tiket pada layanan MRT Jakarta masih berjalan dan pembahasan.

"Masih dalam proses, kami belum finalisasi perjanjian kerja samanya," kata Kamaludin ketika dihubungi Kompas.com, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Kamaludin tidak menjelaskan, kapan akan rampung perjanjian kerja sama tersebut hingga nanti ditekan. Sejauh ini, sudah ada empat pemain yang berpotensi menjalin kerja sama dengan PT MRT Jakarta dalam menghadirkan layanan pembayaran tiket.

"Saat ini sudah ada potensi empat perusahaan," sebutnya.

Baca juga: KPPU Akan Panggil Manajemen MRT Terkait Mitra Penyedia Pembayaran Tiket

Dia menuturkan, pihaknya akan bermitra lebih dari satu perusahaan penyedia QR Code untuk pembayaran tiket pada layanan MRT dan tidak seperti yang diisukan sekarang. 

Ini terkait adanya dugaan penghalang usaha dari pelaku usaha lain atau barrier to entry yang terjadi pada proses pencarian perusahaan untuk mitra penyedia sistem pemindaian kode respon cepat (QR Code) untuk pembayaran tiket.

Kategori barrier to entry dalam dunia usaha adalah hal-hal yang menghalangi suatu perusahaan masuk ke bidang usaha tertentu.

"Sebetulnya kami akan bermitra dengan lebih dari satu mitra penyedia QR Code untuk pembayaran tiket," ungkapnya.

"Tidak ada barrier to entry. Di MRT tidak ada, prosesnya selalu fair dan transparan untuk calon mitra," tambahan dia.

Baca juga: Dipanggil KPPU Soal Mitra Penyedia Pembayaran Tiket, Ini Kata MRT Jakarta

Adapun empat pemain yang berpotensi jadi mitra MRT Jakarta ialah Dana (PT Espay Debit Indonesia Koe/Espay), GoPay (PT Aplikasi Karya Anak Bangsa), Ovo (PT Visionet Internasional), dan LinkAja (PT Fintek Karya Nusantara/Finarya).

Saat ini PT MRT Jakarta sedang menyiapkan sistem pemindaian tiket menggunakan QR Code di gerbang penumpang (passenger gate) yang akan dilengkapi dengan fitur pindai tersebut.

Nantinya, masyarakat dapat membeli tiket elektronik melalui aplikasi seluler yang sedang dikembangkan oleh perusahaan dan membayar tarif perjalanan menggunakan sistem QR Code yang akan disiapkan oleh mitra perusahaan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X