Garap Desain Terminal 4 Bandara Soetta, AP II Libatkan Penumpang

Kompas.com - 09/10/2019, 15:40 WIB
Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (9/10/2019). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMADirektur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (9/10/2019).

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) akan melibatkan banyak pihak untuk menentukan desain terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

Pihak yang akan dilibatkan antara lain, maskapai penerbangan, imigrasi, Bea dan Cukai, penumpang, serta pengamat penerbangan.

“Jadi ide untuk mengubah (desain) di tengah jalan itu tidak ada lagi. Sering seperti itu kan, (hal itu terjadi) karena pihak-pihak mungkin tidak mengikuti dari awal,” ujar Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (9/10/2019).

Awaluddin menjelaskan, saat ini tengah dilakukan lelang tender untuk desainnya. Diperkirakan, akhir tahun ini pemenang tender untuk desainnya bisa ditentukan.

“Dalam 12 bulan itu kita akan mengerjakan tiga hal. Pertama konseptual desain, basic design dan detail engineering design,” kata Awaluddin.

Baca juga: Pembangunan Terminal 4 Bandara Soetta Ditargetkan Rampung pada 2024

Nantinya, terminal 4 Bandara Soekarno Hatta akan dibangun di atas lahan seluas 120 hektar. Kapasitas penumpangnya diperkirakan mencapai 45 juta penumpang.

Diperkirakan, proyek tersebut akan menelan dana Rp 11 triliun.

“Di 2021 konstruksi berjalan, lalu Presiden (Joko Widodo) minta 3 tahun jadi, (artinya) 2024 diharapkan bisa selesai,” ucap dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X