Menko Darmin: Dunia Sedang Payah, tapi Jangan Anggap Indonesia Juga

Kompas.com - 09/10/2019, 17:21 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution ketika ditemui usai rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR RI di Jakarta, Selasa (25/6/2019). MUTIA FAUZIAMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution ketika ditemui usai rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR RI di Jakarta, Selasa (25/6/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menilai ekonomi Indonesia masih cukup kuat di tengah pelemahan ekonomi dunia.

Oleh karena itu, mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) tersebut bilang ekonomi Indonesia tidak serta merta bisa disamakan dengan kondisi ekonomi dunia.

"Jadi jangan dicampur aduk, dunia sedang payah jangan dianggap kita (Indonesia) juga payah," ujarnya di Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Darmin bahkan masih percaya diri ekonomi Indonesia akan tetap tumbuh 5 persen di kuartal ketiga 2019. Hal ini meneruskan pertumbuhan serupa pada kuartal I dan II 2019.

Meskipun diakui Darmin perang dagang antara Amerika Serikat dan China cukup memukul ekspor dan impor Indonesia. Sebab, keduanya merupakan mitra dagang utama Indonesia.

Baca juga: Kepada Pengusaha, Jokowi Ingatkan Ketidakpastian Ekonomi Global

Namun ia mengungkapan satu hal bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak akan banyak terimbas dari pelemahan ekspor dan impor.

" Ekspor kita itu 6 bulan terakhir lemah, termasuk impornya juga. Kelihatannya baru bulan lalu keadaan sedikit berubah kembali," kata dia.

"Namun kalau 5 persen (pertumbuhan ekonomi) itu pasti lah, sehingga dilihat terutama dari konsumsi rumah tangga. Karena kan kita lebih banyak tergantung demand di dalam negeri daripada ekspor," sambungnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X