CEO Ini Tulis 9.200 Kartu Ulang Tahun untuk Karyawan, Buat Apa?

Kompas.com - 11/10/2019, 09:18 WIB
Ilustrasi Thinkstockphotos.comIlustrasi

NEW YORK, KOMPAS.com - Mengucapkan selamat ulang tahun kepada rekan kerja tentu merupakan hal yang lumrah. Namun, bagaimana jika ada CEO yang rajin menulis dan mengirim kartu ulang tahun bagi ribuan karyawannya?

Itulah yang dilakukan Sheldon Yellen, CEO BELFOR Holdings Inc. Tidak tanggung-tanggung, Yellen menulis dan mengirim 9.200 kartu ulang tahun untuk setiap karyawannya secara rutin tiap tahunnya.

Dilansir dari Business Insider, Jumat (11/10/2019), sejak tahun 1985, jauh sebelum menjabat CEO, Yellen telah menulis kartu ulang tahun kepada setiap karyawannya. Kebiasan itu dilakukannya setiap tahun.

Dalam sebuah wawancara, Yellen mengaku mulai melakukan kebiasaan ini setelah ia direkrut oleh kakak iparnya. Banyak karyawan merasa Yellen diberikan perlakuan khusus.

Kala itu Yellen berpikir, kalau tidak ada urusan mendesak, karyawan lainnya tak akan mampir ke meja kerjanya. Saat itulah inisiatifnya untuk menulis kartu ulang tahun dimulai.

Baca juga: Jadi CEO Perlu Eksekusi, Bukan Hanya Wacana

"Dan itu berhasil. (Kartu ulang tahun) membuat orang-orang mengobrol, kami mulai berkomunikasi lebih banyak, dan saya pikir ini membantu saya memperoleh lebih banyak respek di dalam perusahaan," tuturnya.

Hingga saat ini, kebiasaan itu tak pernah ditinggalkannya. Bahkan, saat dinas pun, kopernya penuh dengan alat tulis untuk menulis kartu.

Tak hanya kartu ulang tahun, Yellen juga menulis kartu ucapan terima kasih, kartu ucapan hari pernikahan, kartu ucapan selamat berlibur, hingga kartu ucapan semoga lekas sembuh bagi anak karyawannya yang sedang sakit.

Yellen mengungkapkan, meluangkan waktu untuk menulis kartu bagi setiap karyawannya telah menciptakan budaya kasih sayang di perusahaannya.

"Ini juga sesuatu yang tak perlu biaya mahal. Ketika saya belajar bahwa tindakan kebaikan kecil dilakukan di lapangan, saya meluangkan waktu lagi untuk menulis dan mengirim kartu ucapan terima kasih sehingga karyawan itu bisa tahu bahwa ia diaprediasi dan usahanya diketahui," ungkapnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X