Jadi Menko Perekonomian, Begini Profil Airlangga Hartarto

Kompas.com - 23/10/2019, 09:02 WIB
Airlangga Hartarto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019). KOMPAS.com/HaryantipuspasariAirlangga Hartarto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Airlangga Hartarto kembali masuk dalam daftar Kabinet Kerja Jilid 2 di pemerintahan Joko Widodo sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian).

Dia menggantikan Darmin Nasution yang sebelumnya menjabat jadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian di Kabinet Kerja Jilid 1.

Sebelumnya pada Senin (21/10/2019), Ketua Umum Partai Golkar ini memang terlihat datang ke istana mengenakan kemeja putih. Dia mengaku Presiden menunjuknya lagi menjadi menteri.

"Bapak Airlangga Hartarto sebagai Menko Perekonomian. Saya kira akan ada terobosan dan bisa sinergikan antar kementerian sehingga ada ruang kerja yang baik," begitu ucap Joko Widodo saat mengumumkan jajaran menteri untuk Kabinet Kerja Jilid 2 di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Baca juga: Airlangga Hartarto, Akar Beringin di Lapangan Banteng

Terpilih menjadi menteri memang bukan hal baru bagi Airlangga. Di Kabinet Kerja Jilid 1, Airlangga menjabat sebagai Menteri Perindustrian. Dia terpilih melalui reshuffle kabinet pada tahun 2016. 

Dikutip dari berbagai sumber, ayahnya yaitu Hartarto Sastrosoenarto juga pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian pada Kabinet Pembangunan IV (1983-1988) dan Kabinet Pembangunan V (1988-1993).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak hanya itu, sang ayah juga pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Produksi dan Distribusi (Menko Prodis) pada Kabinet Pembangunan (1993-1998).

Adapun karir politik pria lulusan Universitas Gadjah Mada ini dimulai sejak dia menjabat anggota DPR tahun 2004. Di periode 2009-2014, dia menjadi Ketua Komisi VI DPR-RI yang membidangi perdagangan, perindustrian, koperasi, UKM, dan BUMN.

Sedangkan di periode 2014-2019, Airlangga membidangi energi sumber daya mineral, lingkungan hidup dan riset, serta teknologi.

Baca juga: Tak Ajak Esemka di Pameran Hannover Messe, Apa Alasan Menteri Airlangga?

Selain menjabat di kursi DPR, Airlangga juga ditunjuk menjadi Ketua Umum Partai Golkar tahun 2017. Sebelumnya, dia juga ditunjuk sebagai ketua DPP Partai Golkar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.