Soal Kebakaran Pipa Minyak di Tol Purbaleunyi, Ini Kata Dirut Pertamina

Kompas.com - 23/10/2019, 19:39 WIB
Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina Nicke Widyawati. KOMPAS.com/Hendra CiptoDirektur Utama (Dirut) PT Pertamina Nicke Widyawati.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengungkapkan, pihak bersyukur kebakaran pipa minyak di pinggir jalan Tol Purbaleunyi KM 130, Jawa Barat, pada Selasa (22/10/2019) bisa dipadamkan.

"Kemarin jam 5, alhamdulillah berhasil dipadamkan. Tidak ada (api kebakaran) kemana-mana yang paling penting buat kita," kata Nicke ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Nicke menyebutkan, kejadian tersebut tidak berdampak pada pasokan bahan bakar dan minyak ( BBM) di daerah Bandung, Jawa Barat. Artinya tetap terjaga dengan baik seperti biasanya.

"Kedua adalah penting juga adalah kita memastikan pasokan BBM di daerah Bandung dan sekitarnya tidak masalah. Kita sudah langsung backup dari sumbernya. Sehingga insya allah tidak ada kendala untuk pasokan BBM," tuturnya.

Baca juga: Kebakaran di Tol Padalarang Diduga Karena Bor Proyek Kereta Cepat Mengenai Pipa Pertamina

Dia menuturkan, hingga kini pihaknya  belum mengetahui secara pasti apa penyebab kebakaran pada pipa perusahaannya tersebut. Kini proses penyelidik terkait ini tengah berlangsung dan akan disampaikan hasil temuannya.

"Belum keluar, kita belum tahu. Jadi kita masih mencari tahu, nanti pihak kepolisian akan melakukan investigasi. Jadi kita tunggu saja hasilnya," tambah dia.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran hebat terjadi di pinggir jalan Tol Purbaleunyi KM 130, Jawa Barat, Selasa (22/10/2019).

Kebakaran itu terjadi pada pipa milik Pertamina yang tengah menyalurkan BBM jenis Pertamina Dex dari Terminal Ujung Berung Ke Padalarang.

“Aliran BBM di pipa tersebut sementara sudah dihentikan dan Pertamina saat ini fokus pada pemadaman dan berkoordinasi dengan dinas pemadam kebakaran setempat,” ujar Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina MOR III Dewi Sri Utami dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/10/2019).

Dewi belum bisa menjelaskan penyebab pastinya kebakaran tersebut. Saat ini, pihaknya tengah melakukan investigasi dari peristiwa tersebut.

“Kami meminta maaf atas ketidaknyamaman dari dampak kebakaran ini,” kata Dewi.

Meski begitu, Dewi memastikan kejadian tersebut tak akan mengganggu pasokan BBM di wilayah Bandung. “Pertamina memastikan pasokan BBM di Bandung dan sekitarnya aman,” ucap dia.

Baca juga: Pipa BBM Dekat Tol Purbaleunyi Terbakar Hebat, Ini Penjelasan Pertamina

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X