BRI Bakal Suntik Traveloka?

Kompas.com - 24/10/2019, 19:47 WIB
Direktur Utama BBRI Sunarso dalam konferensi pers perombakan dewan direksi dan dewan komisaris di Jakarta, Senin (2/9/2019). KOMPAS.COM/FIKA NURUL ULYADirektur Utama BBRI Sunarso dalam konferensi pers perombakan dewan direksi dan dewan komisaris di Jakarta, Senin (2/9/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk  ( BRI) Sunarso mengatakan, pihaknya mempertimbangkan untuk menyuntik modal ke Traveloka. Sejumlah opsi juga dikemukakan oleh mantan bos Pegadaian ini.

“Bisa melalui kerja sama operasi, bisa titip jual produk kami di aplikasinya, atau kita ikut ownership di dalamnya. Nanti kami pilih opsi yang paling optimal, kalau ketiganya optimal ya kami lakukan semua,” katanya dalam paparan publik BRI, Kamis (24/10/2019) di Gedung BRI, Jakarta.

Penetrasi ini jadi salah satu rencana yang disiapkan perseroan lantaran kini emiten berkode BBRI ini  (anggota indeks Kompas100), telah memiliki perusahaan modal ventura yaitu PT BRI Ventura Investama.

Baca juga: BRI Cetak Laba Rp 24,8 Triliun di Kuartal III 2019

Sunarso juga mengatakan, BRI Ventura memang disiapkan untuk menampung rencana ekspansi perseroan ke sejumlah lembaga non keuangan.

Meski masih enggan merinci aksinya menyuntik modal ke Traveloka, Sunarso bilang perseroan tiap tahunnya juga telah mengalokasikan dana hingga Rp 5 triliun sebagai sebagai bekal perseroan menggelar aksi korporasi.

Dana tersebut yang diprediksi bakal digunakan BRI jika hendak menyuntik modal ke Traveloka.

“Setiap tahun kami mencadangkan dana hingga Rp 5 triliun untuk aksi korporasi. Namun apakah dana tersebut akan disalurkan ke satu target (perusahaan) atau ke beberapa (persusahaan) nanti kita lihat,” lanjut Sunarso.

Baca juga: Fitur PayLater Disalahgunakan, Ini yang Dilakukan Traveloka

Bloomberg, pada Kamis (24/10/2019) juga melaporkan Traveloka memang menyatakan tengah menunggu pendanaan dari BRI untuk meningkatkan valuasinya hingga 4,5 miliar dollar AS.

Direktur Konsumer BRI Handayani juga menambahkan, perseroan memang berniat untuk sering melakukan berkolaborasi dengan perusahaan teknologi finansial (Tekfin) maupun e-commerce.

Kolaborasi juga jadi strategi perseroan ikut ambil bagian dari pertumbuhan transaksi digital yang melesat jauh. Handayani bilang per September 2019, jumlah transaksi e-commerca dan fintech bisa mencapai 864 juta transaksi dengan pertumbuhan 67 persen (yoy).

“Kolaborasi dengan cara kami menyediakan sumber pembayaran dan sumber pendanaan, makanya kami juga menyiapkan sejumlah instrumen pembayaran mulai uang elektronik hingga kartu kredit,” katanya dalam kesempatan yang sama. (Anggar Septiadi)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Bank BRI pertimbangkan suntik modal ke Traveloka, untuk apa?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X