Bos Amazon Terancam Bayar Pajak Rp 91 Triliun, Kenapa?

Kompas.com - 03/11/2019, 13:15 WIB
CEO Amazon Jeff Bezos pinterestCEO Amazon Jeff Bezos
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Meskipun pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) masih satu tahun lagi yakni 3 November 2020, namun politikus Partai Demokrat Elizabeth Ann Warren sudah membuat ketar-ketir para pengusaha kaya raya di negaranya.

Mengutip CNBC, Jakarta, Minggu (3/11/2019), kampanye yang dilakukan Elizabeth Warren dengan mengusung tema “Medicare for All” ditujukan kepada para pengusaha kaya raya. Tarif pajak akan dinaikkan menjadi 6 persen dari yang sebelumnya hanya3 persen.

Hal ini sekaligus menyeret nama CEO Amazon, Jeff Bezos yang masuk dalam daftar pengusaha terkaya di Amerika Serikat. Jika Warren menang dalam Pemilihan Presiden AS, Bos Amazon itu berpotensi akan membayar 6,5 miliar dollar AS atau Rp 91 Triliun (kurs 14.000 per dollar AS) untuk pajak kekayaannya.

Baca juga: Laba Amazon Anjlok, Investor Mulai Gelisah

Jika Jeff Bezos menjual saham Amazon, seperti yang setiap tahun dilakukannya, maka ia akan dikenakan tarif pajak saham sebesar 37 persen, sebelumnya hanya 23,8 persen.

Selain menyasar Jeff Bezos, kampanye Warren juga menyentil pendapatan bos Microsoft, Bill Gates. Warren tak hanya menetapkan pajak atas capital gain sebagai pendapatan biasa, tapi juga akan menetapkan pajak atas capital gain yang belum direalisasi.

Artinya, Bill Gates yang nilai kekayaannya meningkat tahun ini sebesar 18 miliar dollar AS dari apresiasi saham Microsoft, akan membayar pajak lebih dari 12 miliar dollar AS tahun ini.

Baca juga: Pemerintah Cari Utang Lagi Pekan Depan, Ini Besarannya

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber CNBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X