BTN Buka Kantor Cabang Syariah di Kendari

Kompas.com - 21/11/2019, 14:28 WIB
Ilustrasi BTN. Dok. BTNIlustrasi BTN.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mengembangkan bisnis syariahnya dengan membuka Kantor Cabang Syariah (KCS) ke-25 di Kendari.

Langkah tersebut dilakukan untuk menggarap potensi pertumbuhan bisnis properti di Kendari.

Direktur BTN Dasuki Amsir mengatakan peluang pertumbuhan bisnis properti di Kendari masih besar. Apalagi, Dasuki menyebut, sebagai ibu kota Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), pertumbuhan ekonomi di Kendari masih mendominasi dibanding daerah sekitarnya.

Selain itu, lanjut Dasuki, mulai naiknya permintaan masyarakat akan layanan perbankan syariah pun menjadi potensi bisnis bagi Unit Usaha Syariah (UUS) BTN.

“Upaya kami menghadirkan KCS Kendari juga sebagai langkah menggairahkan sektor properti di kota Kendari,” jelas Dasuki dalam keterangannya, Kamis (21/11/2019).

Baca juga: Dirut Baru Mandiri Diumumkan Bulan Depan, BTN Akhir November

Adapun, data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan selama 2018, pertumbuhan sektor real estate di Kendari masih berada di level 1,8 persen. Sementara, BPS mencatat pertumbuhan Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) kota Kendari sebesar 6,26 persen pada 2018, lebih tinggi dari PDB Nasional yakni 5,17 persen pada 2018.

"Kami melihat masih ada ruang besar bagi sektor properti untuk berkembang. Sebagai bank miliki pemerintah yang berfokus di segmen perumahan, kami berharap hadirnya KCS Kendari akan menjadi angin segar yang bisa mengerek naik angka pertumbuhan bisnis properti di Kendari,” kata Dasuki.

Sementara itu, per September 2019, UUS BTN pun mencatatkan pertumbuhan positif. UUS BTN mencatatkan penyaluran pembiayaan sebesar 19,56 persen (yoy) atau naik dari Rp 24,64 triliun menjadi Rp 29,46 triliun pada September 2019.

DPK yang dihimpun BTN Syariah pun melaju sebesar 20,78 persen (yoy) dari Rp 19,54 triliun menjadi Rp 23,6 triliun pada kuartal III 2019.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X