Sarang Burung Walet hingga Batu Bara RI Diminati Pengusaha China

Kompas.com - 25/11/2019, 12:19 WIB
Ilustrasi batu bara. MUHAMAD SYAHRI ROMDHONIlustrasi batu bara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia memaksimalkan manfaat dari ajang Pameran Impor Internasional China (CIIE) untuk yang kedua kalinya digelar di Shanghai.

Dalam ajang yang digelar pada tanggal 5-10 November 2019 lalu tersebut, Indonesia menandatangani berbagai kontrak bisnis dengan para pengusaha di China.

Pada Business Forum dan China Coal Import Summit yang digelar di sela-sela CIIE ke-2, para pengusaha China menandatangani kesepakatan kontrak impor dari Indonesia senilai 2,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp 35,1 triliun.

Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun mengungkapkan, penandatanganan kontrak impor terbanyak untuk komoditas batu bara.

Baca juga: Produk Hortikultura Asal Indonesia Berupaya Tembus Pasar China

Di luar itu, lanjut Djauhari, ada juga beberapa kontrak-kontrak produk lain, seperti elektronik, pertanian, makanan-minuman, bijih plastik, dan pertambangan.

"Produk sarang burung walet, bijih plastik daur ulang, 'oleochemical', batu bara, dan produk makanan lainnya menjadi bukti nyata bahwa produk Indonesia sangat disukai dan laku di pasar Tiongkok," kata Djauhari.

Sementara itu, Forum Bisnis Indonesia-China (ICBF) juga telah melahirkan kesepakatan kontrak bisnis dari kedua negara senilai 61,4 juta dollar AS.

"Hal yang mengemuka dalam forum tersebut adalah harapan kalangan pengusaha mengenai peningkatan kerja sama antarkedua negara untuk mendukung keberhasilan penguatan produk-produk Indonesia di China," kata Konsul Jenderal RI untuk Shanghai Denny W Kurnia.

Baca juga: Tiru China, Pemerintah Ingin Sewakan Hewan Langka ke Negara Lain

Ia menyebutkan ada sekitar 150 pengusaha dari China yang menghadiri forum tersebut.

Sebelum penandatanganan naskah kesepakatan kontrak bisnis, para pengusaha dari China telah mendapatkan penjelasan yang cukup memadai mengenai perdagangan dan investasi di Indonesia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X