Refleksi Akhir Tahun : Begini Cara Tingkatkan Penghasilan di Tahun Depan

Kompas.com - 07/12/2019, 07:51 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Akhir tahun akan segera tiba dan tahun 2020 sudah di depan mata. Beragam rencana mungkin saja sudah disiapkan untuk menjalani tahun yang lebih baik dari tahun ini, termasuk berbagai resolusi yang bisa membawa perubahan dalam kehidupan Anda.

Hal ini memang penting untuk direncanakan sejak jauh-jauh hari, apalagi jika Anda merasa tahun ini berbagai rencana tidak berjalan dengan maksimal. Di antara berbagai perbaikan, perubahan dalam keuangan tentu selalu jadi hal penting yang tidak bisa diabaikan.

Seiring dengan bergantinya tahun, beragam kebutuhan akan meningkat dari sebelumnya dan semua ini tentu membutuhkan biaya. Tak masalah jika Anda punya peningkatan gaji yang cukup tinggi di awal tahun nanti.

Namun jika ternyata hal tersebut masih sulit untuk diharapkan, maka meningkatkan penghasilan dengan cara lain merupakan keputusan paling tepat. Anda bisa mengupayakan mendapatkan sejumlah penghasilan tambahan, di luar penghasilan tetap yang selama ini.

Dapatkan Penghasilan Tambahan

Apakah penghasilan tambahan jadi solusi untuk perbaiki kondisi keuangan Anda di tahun depan? Jika selama ini hanya hidup mengandalkan penghasilan tetap dari pekerjaan yang dilakoni, maka sudah saatnya Anda mengubah kebiasaan ini.

Selain membuat keuangan lebih aktif, sejumlah penghasilan tambahan ini juga akan membuat Anda lebih produktif dari yang dibayangkan dan lakukan selama ini. Tidak selalu sulit, penghasilan tambahan ini bisa saja Anda dapatkan dengan cara yang mudah.

Bagaimana caranya? Begini cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk memulai langkah meningkatkan penghasilan sebagai resolusi di tahun mendatang seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Jangan Lupa untuk Punya Motivasi Jadi Bisa Lebih Kaya

Tak dimungkiri jika rasa cepat puas akan membuat seseorang menjadi kurang produktif. Saat merasa hidup sudah nyaman dan cukup, maka Anda tentu tak ingin mendapatkan berbagai hal yang lebih baik lagi ke depannya.

Meskipun ada, kemungkinan keinginan itu tidak akan sebesar ketika Anda belum memiliki apa-apa dan sedang berupaya untuk mendapatkannya. Singkat kata adalah gereget untuk berjuang jadi berkurang.

Contoh: saat menginginkan sebuah mobil yang jadi mobil pertama Anda, maka Anda akan mengupayakan berbagai hal untuk bisa mendapatkannya. Mulai dari menabung, berhemat, atau bahkan mendapatkan jam lembur yang lebih banyak dari biasanya. Tujuannya tentu jelas, ingin mendapatkan mobil baru tersebut secepatnya.

Sebaliknya, jika sudah punya mobil dan merasa cukup nyaman dengan kendaraan tersebut, tentu Anda akan lebih santai dan menikmati hidup apa adanya. Anda tidak akan fokus berhemat, kerja lembur, atau bahkan menabung untuk kebutuhan tersebut.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X