Kompas.com - 12/12/2019, 18:56 WIB
Ilustrasi Garuda Indonesia Garuda IndonesiaIlustrasi Garuda Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai Garuda Indonesia membuka peluang untuk menutup sejumlah rute penerbangan ke London, Inggris.

Direktur Niaga Garuda Indonesia Pikri Ikham Kurniansyah mengatakan, hal tersebut dilakukan dalam rangka restrukturisasi model bisnis maskapai pelat merah tersebut.

“Kita sedang meninjau (penerbangan) Eropa kita. Kita tidak terlalu urgent terbang ke Eropa. Kita ingin perusahaan ini agar lebih sehat,” ujar Pikri di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (12/12/2019).

Pikri menambahkan, nantinya Garuda Indonesia akan berfokus melayani penerbangan ke Timur Tengah dan Asia.

Baca juga: Asik! Bandara Kualanamu Kini Layani Penerbangan ke London

“Kita akan perkuat domestik sebagai backbone meningkatkan pelayanan dengan pesawat-pesawat terbaru. Fokus ke middle east, Asia Pacific, Jepang, Korea," kata Pikri.

Pikri menjelaskan, salah satu rute yang telah ditutup sementara, yakni penerbangan ke London. Namun, Pikri tak menjelaskan secara rinci kapan penerbangan itu ditutup.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“(Penerbangan ke) London sudah kita suspend. Kita melihat profitabilitas dan sebagainya,” ucap dia.

Sebelumnya, Garuda Indonesia telah menutup rute penerbangan Jakarta ke London. Langkah itu diambil saat Pahala Mansury masih menjabat sebagai direktur Utama pada 30 September 2018. Pahala menutup rute tersebut karena sepi penumpang.

Baca juga: Per 30 Oktober 2018, Garuda Indonesia Tutup Rute Jakarta-London

Namun, saat Ari Askhara menjabat sebagai direktur utama, rute penerbangan Jakarta-London kembali dibuka pada 2 Desember 2018.

Saat itu Ari beralasan kembali membuka rute tersebut sebagai bentuk upaya untuk memperluas rute penerbangan internasional.

Tak hanya itu, pada 16 Juli 2019 lalu, Ari kembali membuka rute Denpasar-Kualanamu-London sebanyak tiga kali dalam seminggu yaitu pada Selasa, Kamis dan Sabtu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.