Di Sensus Penduduk 2020 BPS Bakal Cari 390.000 Petugas Sensus, Minat?

Kompas.com - 13/12/2019, 15:38 WIB
Kepala BPS Suhariyanto di Kantor BPS, Jakarta, Kamis (12/12/2019) KOMPAS.com/YOGA SUKMANAKepala BPS Suhariyanto di Kantor BPS, Jakarta, Kamis (12/12/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik ( BPS) bakal merekrut 390.000 petugas untuk menjalankan sensus penduduk 2020 mendatang.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, pada sensus penduduk 2020 untuk pertama kalinya BPS menggunakan metode kombinasi antara online dan door to door. Adapun dalam sensus-sensus sebelumnya, BPS masih menggunakan metode tradisional.

Masyarakat bisa mulai mengisi sensus penduduk secara online mulai 15 Februari hingga Maret 2020 dengan metode wawancara pintu ke pintu dilakukan Juli 2020.

"Anggaran sensus total Rp 4 triliun, tapi 90 persen untuk petugas lapangan. Kami akan rekrut 390.000 petugas di seluruh Indonesia. Itu nggak ada apa-apanya kalau dibandingkan dengan China yang sampai 1 juta petugas," ujar Suhariyanto ketika ditemui di kantornya di Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Baca juga: BPS: Pengangguran Meningkat, Lulusan SMK Mendominasi

Suhariyanto mengatakan, siapapun bisa turut mendaftar, dengan kualifikasi dasar berpendidikan akhir Sekolah Menengah Atas (SMA).

Upah yang didapatkan untuk waktu kerja yang selama sebulan, Suhariyanto mengatakan, tak akan lebih rendah dari UMR.

"Kita kantor sampai kabupaten, (recruitment) akan dibuka di sana, kalau perlu tenaga yang mendaftar biasanya jauh lebih banyak. Dan di BPS sendiri sudah ada list petugas dari masa lalu," jelas Suhariyanto.

"Tapi untuk menjaga transparansi dan agar fair, kita announce lagi. Banyak juga yang mahasiswa," ujar dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X